Cu3er Image Slider

CU3ER Image Slider

Kamu pasti pernah menemukan situs yang menggunakan image slider pada laman utama mereka yang menampilkan gambar yang dapat berganti secara otomatis setiap sekian detik. Beberapa tema WordPress menawarkan fitur image slider ini secara default. Namun sebagian besar tema WordPress tidak mempunyai fitur ini. Bagaimana jika kamu ingin mempunyai fitur image slider namun tetap menggunakan tema favoritmu yang sedang digunakan saat ini. Mudah saja, karena fitur image slider dapat kamu peroleh dengan WP CU3ER.

WP CU3ER adalah plugin yang akan menampilkan 3D flash image slider cantik pada situs WordPress. Plugin ini baru beberapa saat masuk ke repository plugin resmi WordPress. Itu artinya, kamu dapat menginstalnya langsung dari panel administrasi WordPress menggunakan built-in automatic plugin installer. Tentu saja, kamu tetap bisa mengunduhnya dan menginstalnya secara manual, jika mau.

Disini akan diberikan panduan bagaimana menyiapkan WordPress untuk menggunakan WP CU3ER. Saya mengasumsikan bahwa kamu sudah tahu bagaimana cara menginstal plugin di WordPress, jadi panduan ini hanya akan membahas mengenai proses paska instalasi.

Setelah melakukan instalasi, kamu akan memperoleh pesan:

“You are not using latest CU3ER.swf….”

Pesan ini akan hilang setelah kamu menggunggah berkas tambahan CU3ER.swf ke WordPress. Untuk memperoleh berkas ini kamu harus mendaftar akun CU3ER FREE pada situs resmi CU3ER. Sekali lagi saya membuat asumsi kalau kamu tahu bagaimana caranya mendaftar ke suatu layanan. Jadi buka halaman pendaftaran dan dapatkan akun gratis untuk lanjut ke tahap berikutnya.

Setelah mendaftar kamu dapat menggunggah berkas CU3ER.swf dari halaman Setup plugin CU3ER. Plugin tersebut akan meminta informasi akun CU3ER. Berikan informasi akun CU3ER yang sudah dibuat dan setelah itu baru kamu dapat mengunduh paket CU3ER. Paket CU3ER yang diunduh mengandung instruksi bagaimana mengedit berkas .xml untuk konfigurasi dan menambahkan gambar yang diperlukan untuk mengatur image slider yang diperlukan dalam membuat proyek CU3ER. Jika mendaftar akun CU3ER FREE bukan yang PRO, maka kamu harus melakukan ini secara manual.

Gambar Menu Add New CU3ER project

Gambar Dari getcu3er.com

Cara termudah untuk melakukan ini adalah dengan mengambil contoh proyek CU3ER dan menggunakan berkas .xml yang sudah disediakan. Dengan begitu yang perlu dilakukan hanyalah mengganti gambar yang ingin digunakan pada image slider. Contoh proyek CU3ER yang tersedia adalah dalam bentuk berkas kompresi .zip. Bukalah berkas ini dan ganti gambarnya dengan gambar yang diinginkan. Biarkan berkas konfigurasi .xml. Lalu kompresi lagi gambar beserta berkas .xml kedalam berkas arsip kompresi .zip.

Sekarang buka WordPress dan impor proyek .zip yang sudah kamu modifikasi melalui menu CU3ER -> Add New. Dari halaman Add New, beri nama proyek pada kolom Name dan masukkan berkas .zip dengan menekan tombol Browse. Pilih berkas .zip yang sudah dimodifikasi dan tekan tombol Add CU3ER untuk mengunggah proyek CU3ER ke WordPress.

Setelah proyek siap, maka kamu dapat menampilkan image slider pada halaman apapun dari situs WordPress milikmu dengan menggunakan shortcode:

[CU3ER slideshow=’id-proyek”]

Memang terlihat relatif rumit untuk mempersiapkan sebuah proyek CU3ER, namun sebenarnya kalau kamu coba melakukannya sendiri, prosesnya tidaklah serumit yang dikira.
Hal yang juga menarik:

Hak Cipta

Semua skrip dan teknik dalam artikel di itx.web.id boleh digunakan sebagaimana kehendakmu tanpa perlu mencantumkan sumber. Kamu tidak boleh mengkopi seluruh artikel, dalam Bahasa Indonesia ataupun diterjemahkan ke dalam bahasa lain.

Pencarian ke sini:


Related Articles:

Artikel terkait:

13 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x( X-( B-) ;-) :wink: :twisted: :roll: :oops: :mrgreen: :lol: :idea: :evil: :cry: :arrow: :D :?: :-| :-x :-o :-P :-D :-? :-)) :-) :-( :-& :) :( :!: 8-O 8-) 8) (Русский) (yahoo) (worship) (woot) (wave) (unsure) (tongue) (thinking) (tears) (taser) (smileydance) (sleeping) (sick) (scenic) (rofl) (rock) (party) (panic) (okok) (nottalking) (ninja) (music) (muscle) (muhaha) (money) (mmm) (lonely) (lol) (lmao) (idiot) (hungry) (highfive) (heart_beat) (heart) (headspin) (hassle) (haha) (gym) (griltongue) (goodluck) (girlkiss) (funkydance) (fish_hit) (eyeroll) (evilsmirk) (evil_grin) (drinking) (doh) (devil) (dance) (cry) (cozy) (coffee) (brokenheart) (bringit) (blush) (bigeyes) (beer) (banana_rock) (banana_ninja) (banana_cool) (applause) (annoyed) (angry) (K) (: