Gambar Dashboard dengan Menu Navigasi

itx.web.id Dashboard dengan Menu Navigasi Disebelah Kiri

Panel administrasi adalah tempat dimana kamu dapat mengakses dan mengatur seluruh fungsionalitas dari WordPress. Halaman pertama yang diakses oleh pengguna ketika login ke WordPress adalah Dashboard. Dari dashboard inilah pengguna dapat berpindah dari satu halaman administrasi ke halaman administrasi yang berbeda dengan menu navigasi yang ada disebelah kiri setiap panel administrasi.

Menu ini sudah diatur sedemikian rupa berdasarkan grup agar pengguna dapat dengan mudah menggunakannya. Jika diperhatikan, menu navigasi dikiri halaman administrasi selalu sama meskipun berganti halaman administrasi. Keseragaman ini membuat pengguna tidak perlu berpikir lama untuk menentukan menu apa yang dipilih, karena menu navigasi selalu sama baik itu pengelompokannya, urutannya, dan nama menunya. Menu ini sudah dapat mencukupi kebutuhan dari sebagian besar pengguna WordPress. Namun ada beberapa pengguna yang mungkin membutuhkan menu navigasi berbeda dari yang disediakan oleh instalasi standar WordPress.

Untuk pengguna ini ada Admin Menu Editor. Admin Menu Editor adalah plugin yang memungkinkan pengguna untuk mengedit menu navigasi pada halaman administrasi WordPress. Dengan plugin ini, pengguna dapat mengubah urutan menu, menyembunyikan yang tidak diperlukan, mengubah nama menu yang ada, dan menambahkan menu kustom. Instal dan aktifkan plugin ini dan atur menu kustom dari Settings -> Menu Editor.

Berikut ini adalah fitur lengkap dari Admin Menu Editor:

  • Mengubah urutan menu melalui dukungan drag & drop.
  • Mengubah grup dari menu individu dengan dukungan cut & paste.
  • Mengedit menu standar seperti mengubah namanya, hak aksesnya, dan ikonnya.
  • Menyembunyikan menu yang tidak diperlukan agar panel administrasi lebih ringkas.
  • Dan yang paling penting, menambahkan menu kustom baik itu ke halaman administrasi tertentu maupun ke halaman eksternal.

Bagi pengguna yang membutuhkan dukungan profesional, terdapat juga versi pro dari Admin Menu Editor. Fitur dari versi pro yang menarik adalah pengguna dapat menyimpan konfigurasi menu mereka, dan mengekspornya dalam bentuk berkas. Berkas yang sama juga dapat diimpor dari situs WordPress yang berbeda. Sehingga pengguna tidak perlu lagi membuat ulang menu kustom yang sama. Fitur lainnya dari versi pro adalah dukungan shortcodes dan kemampuan untuk menampilkan menu pada jendela baru di browser.

Admin Menu Editor juga mendukung WordPress Multisite. Instal saja plugin tersebut sebagai plugin global. Dengan begitu akan mengaktifkan plugin untuk semua blog/situs dan pengguna sekaligus. Satu hal yang perlu diperhatikan kalau ingin menggunakan Admin Menu Editor adalah, plugin ini memerlukan PHP 5 agar dapat berjalan dengan baik. Pastikan web hosting yang digunakan mendukungnya.
Hal yang juga menarik:

Hak Cipta

Semua skrip dan teknik dalam artikel di itx.web.id boleh digunakan sebagaimana kehendakmu tanpa perlu mencantumkan sumber. Kamu tidak boleh mengkopi seluruh artikel, dalam Bahasa Indonesia ataupun diterjemahkan ke dalam bahasa lain.


Related Articles:

Artikel terkait:

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x( X-( B-) ;-) :wink: :twisted: :roll: :oops: :mrgreen: :lol: :idea: :evil: :cry: :arrow: :D :?: :-| :-x :-o :-P :-D :-? :-)) :-) :-( :-& :) :( :!: 8-O 8-) 8) (Русский) (yahoo) (worship) (woot) (wave) (unsure) (tongue) (thinking) (tears) (taser) (smileydance) (sleeping) (sick) (scenic) (rofl) (rock) (party) (panic) (okok) (nottalking) (ninja) (music) (muscle) (muhaha) (money) (mmm) (lonely) (lol) (lmao) (idiot) (hungry) (highfive) (heart_beat) (heart) (headspin) (hassle) (haha) (gym) (griltongue) (goodluck) (girlkiss) (funkydance) (fish_hit) (eyeroll) (evilsmirk) (evil_grin) (drinking) (doh) (devil) (dance) (cry) (cozy) (coffee) (brokenheart) (bringit) (blush) (bigeyes) (beer) (banana_rock) (banana_ninja) (banana_cool) (applause) (annoyed) (angry) (K) (: