WordPress 3.1 baru saja diluncurkan. WordPress versi terbaru ini memiliki banyak perubahan dalam file core-nya sehingga memaksa itx untuk melakukan update plugin buatan itx yaitu Exclude Plugins.

Bagi yang belum tahu apa fungsi dari plugin Exclude Plugins akan itx terangkan sedikit. Plugin ini sangat berguna bagi pengguna WordPress Multisite. Plugin ini bekerja dengan cara membolehkan sebagian plugin untuk pengguna biasa (included plugins) sementara menyembunyikan plugin-plugin hebat (excluded plugins) hanya untuk si empunya blog multi site tersebut.

Update plugin ini berawal dari komplain pengguna Exclude Plugins yang menyatakan bahwa terdapat error ketika dia melakukan upgrade wordpress ke versi 3.1. Error tersebut bunyinya kurang lebih begini:

Fatal error: Call to undefined function print_plugins_table() in /home/usernamecpanel/public_html/wp-content/plugins/exclude-plugins/exclude-plugins.php on line 156

Kemudian segera itx mendonlot wordpress 3.1 untuk melakukan pengecekan. Seharusnya dari versi 3.1 beta ataupun RC itx sudah mencoba-coba, tapi karena cukup yakin bahwa tidak akan berdampak banyak, maka tidak dilakukan.

Maka pengecekanpun dilakukan dengan pertamakali menginstal WordPress 3.1 di mesin lokal. Dari pengecekan ini disimpulkan bahwa update WordPress kali ini cukup gede-gedean. Salah satu update tersebut adalah digunakannya class WP_List_Table untuk mencetak berbagai macam tabel ke layar. Dengan difungsikannya class itu maka dihapuslah fungsi print_plugins_table(), padahal fungsi itu digunakan oleh Exclude Plugins.

Setelah muter-muter ngubek-ubek file core wordpress 3.1 – yang ternyata banyak file-file baru di dalamnya, dengan hasil nihil, maka itx memutuskan untuk menggunakan cara simpel. Tinggal copy paste saja dari WordPress 3.0 fungsi yang telah dihilangkan tersebut. Dan hasilnya ternyata mujarab, tidak perlu cara susah jika memang ada yang mudah.

Saat ini Exclude Plugin versi terbaru yaitu versi 1.1.3 yang mensupport WordPress 3.1 sudah diupload ke repository plugin wordpress. Silahkan menuju dashboardmu untuk melakukan update :-D .

Selamat menikmati.
Hal yang juga menarik:

Hak Cipta

Semua skrip dan teknik dalam artikel di itx.web.id boleh digunakan sebagaimana kehendakmu tanpa perlu mencantumkan sumber. Kamu tidak boleh mengkopi seluruh artikel, dalam Bahasa Indonesia ataupun diterjemahkan ke dalam bahasa lain.


Related Articles:

Artikel terkait:

About the author

Simple coder

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x( X-( B-) ;-) :wink: :twisted: :roll: :oops: :mrgreen: :lol: :idea: :evil: :cry: :arrow: :D :?: :-| :-x :-o :-P :-D :-? :-)) :-) :-( :-& :) :( :!: 8-O 8-) 8) (Русский) (yahoo) (worship) (woot) (wave) (unsure) (tongue) (thinking) (tears) (taser) (smileydance) (sleeping) (sick) (scenic) (rofl) (rock) (party) (panic) (okok) (nottalking) (ninja) (music) (muscle) (muhaha) (money) (mmm) (lonely) (lol) (lmao) (idiot) (hungry) (highfive) (heart_beat) (heart) (headspin) (hassle) (haha) (gym) (griltongue) (goodluck) (girlkiss) (funkydance) (fish_hit) (eyeroll) (evilsmirk) (evil_grin) (drinking) (doh) (devil) (dance) (cry) (cozy) (coffee) (brokenheart) (bringit) (blush) (bigeyes) (beer) (banana_rock) (banana_ninja) (banana_cool) (applause) (annoyed) (angry) (K) (: