Alat Diagnosa Web Server

November 15, 2010

Gambar oleh labormikro

Sangat merepotkan bagi kita untuk memperoleh informasi dari layanan hosting yang kita gunakan untuk menaruh WordPress mengenai detail teknis server mereka. Misalnya pada layanan hosting yang saya gunakan, terlebih dahulu saya harus meminta ticket support untuk setiap pertanyaan mengenai layanan yang digunakan. Termasuk mengenai informasi detail mengenai web server seperti versi PHP atau versi MySQL dari web server yang dapat berguna bagi administrator WordPress. Tentu saja layanan hosting pasti selalu melakukan update terhadap web server mereka. Detail yang kita peroleh bulan ini belum tentu sama dengan bulan depan dan proses mengirimkan ticket support harus dilakukan kembali untuk memperoleh informasi terbaru.

Disinilah Diagnosis plugin dapat membantumu. Diagnosis dapat memberikan detail informasi teknis mengenai PHP, MySQL dan layanan web server lainnya yang mungkin diperlukan oleh administrator WordPress. Hal ini disediakan oleh Diagnosis dengan menambahkan sub-halaman baru ke menu Dashboard. Dari halaman inilah kamu dapat memperoleh beragam informasi mengenai web server dimana kamu menitipkan blog WordPress milikmu. Salah satu informasi yang ditampilkan adalah informasi yang biasanya diperoleh dari halaman phpinfo().

Gambar: Informasi MySQL

Informasi yang diberikan oleh Diagnosis ditampilkan dalam tabel yang sederhana berikut penjelasannya yang dapat memudahkan proses administrasi WordPress. Setiap kolom dalam tabel juga menyertakan tautan ke Wikipedia jika kamu memerlukan penjelasan lebih lanjut sesuai dengan konteks informasi yang ditampilkan pada kolom tersebut. Konteks bantuan ini akan sangat membantu baik bagi administrator kawakan maupun bagi mereka yang baru saja mengelola WordPress. Informasi yang diperoleh dari Diagnosis dapat digunakan untuk menentukan apakah web server yang kamu gunakan mempunyai kapabilitas untuk menangani plugins tertentu yang memerlukan komponen web server versi terbaru.

Kamu dapat melihat informasi mengenai Diagnosis di WordPress plugin directory.
Hal yang juga menarik:

Hak Cipta

Semua skrip dan teknik dalam artikel di itx.web.id boleh digunakan sebagaimana kehendakmu tanpa perlu mencantumkan sumber. Kamu tidak boleh mengkopi seluruh artikel, dalam Bahasa Indonesia ataupun diterjemahkan ke dalam bahasa lain.


Related Articles:

Artikel terkait:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x( X-( B-) ;-) :wink: :twisted: :roll: :oops: :mrgreen: :lol: :idea: :evil: :cry: :arrow: :D :?: :-| :-x :-o :-P :-D :-? :-)) :-) :-( :-& :) :( :!: 8-O 8-) 8) (Русский) (yahoo) (worship) (woot) (wave) (unsure) (tongue) (thinking) (tears) (taser) (smileydance) (sleeping) (sick) (scenic) (rofl) (rock) (party) (panic) (okok) (nottalking) (ninja) (music) (muscle) (muhaha) (money) (mmm) (lonely) (lol) (lmao) (idiot) (hungry) (highfive) (heart_beat) (heart) (headspin) (hassle) (haha) (gym) (griltongue) (goodluck) (girlkiss) (funkydance) (fish_hit) (eyeroll) (evilsmirk) (evil_grin) (drinking) (doh) (devil) (dance) (cry) (cozy) (coffee) (brokenheart) (bringit) (blush) (bigeyes) (beer) (banana_rock) (banana_ninja) (banana_cool) (applause) (annoyed) (angry) (K) (: