Diskusi : Membuat multi-user dalam cms wordpress.

Kebutuhan :  CMS WordPress (tutorial ini menggunakan wordpress 3.0.1)yang telah diinstal dalam server (untuk studi kasus ini wordpress diinstal pada localhost)

Mungkin kamu pernah melihat suatu blog yang ditulis oleh banyak penulis yang berbeda – beda. Blog seperti ini biasa disebut dengan collaboration blogg (blog kolaborasi). Sebagai contoh, situs ini (itx.web.id) adalah contoh dari blog kolaborasi, yang ditulis oleh banyak penulis lepas (seperti saya tentunya :D ).

Nah, bagaimana cara membuat satu blog bisa ditulis oleh berbagai user yang berbeda-beda?

Kita bisa melakukannya dengan CMS WordPress.

Berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Login ke wordpress admin dengan username dan password anda.

2. Anda akan diarahkan ke halaman dashboard. Klik menu Users

3.  Maka akan ditampilkan daftar user – user yang telah terdaftar pada wordpress anda. Sebelum anda menambahkan user, biasanya hanya akan ada satu user saja (admin –> yaitu anda)

4. Untuk menambah user baru, klik button Add New.

5. Masukkan data – data user baru pada form yang muncul. Untuk role, maksudnya adalah posisi /  peran dari user yang akan dibuat. Berikut adalah keterangan dari masing – masing role yang ada.

a. Administrator : User yang memiliki kewenangan penuh terhadap sistem, termasuk membuat, mengubah dan menghapus user yang ada dalam sistem.

b. Editor : User editor memiliki kewenangan untuk membuat posting baru dan mengedit semua postingan oleh semua user yang ada.

c. Author : User author hanya memiliki kewenangan untuk membuat postingan baru dan hanya bisa mengedit postingannya sendiri.

d. Subscriber : User ini hanya bisa melihat postingan yang ada (mendapat update ketika ada posting baru)

Lihat gambar 3 dibawah sebagai contoh pengisian data user baru.

6. Klik button Add User untuk menyimpan user. Maka akan ditampilkan detail dari user baru yang baru saja dibuat.

Sekarang anda sudah bisa membuat sebuah collaboration blog sendiri :D
Hal yang juga menarik:

Hak Cipta

Semua skrip dan teknik dalam artikel di itx.web.id boleh digunakan sebagaimana kehendakmu tanpa perlu mencantumkan sumber. Kamu tidak boleh mengkopi seluruh artikel, dalam Bahasa Indonesia ataupun diterjemahkan ke dalam bahasa lain.

Pencarian ke sini:


Related Articles:

Artikel terkait:

About the author

obviously, a girl. with sweet smile, off course. turning her 21 years trapped on Informatics departement and just started to having some crush with it lately. she uses wordpress. she loves php. she lo

17 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x( X-( B-) ;-) :wink: :twisted: :roll: :oops: :mrgreen: :lol: :idea: :evil: :cry: :arrow: :D :?: :-| :-x :-o :-P :-D :-? :-)) :-) :-( :-& :) :( :!: 8-O 8-) 8) (Русский) (yahoo) (worship) (woot) (wave) (unsure) (tongue) (thinking) (tears) (taser) (smileydance) (sleeping) (sick) (scenic) (rofl) (rock) (party) (panic) (okok) (nottalking) (ninja) (music) (muscle) (muhaha) (money) (mmm) (lonely) (lol) (lmao) (idiot) (hungry) (highfive) (heart_beat) (heart) (headspin) (hassle) (haha) (gym) (griltongue) (goodluck) (girlkiss) (funkydance) (fish_hit) (eyeroll) (evilsmirk) (evil_grin) (drinking) (doh) (devil) (dance) (cry) (cozy) (coffee) (brokenheart) (bringit) (blush) (bigeyes) (beer) (banana_rock) (banana_ninja) (banana_cool) (applause) (annoyed) (angry) (K) (: