Gambar oleh Phil Oakley

Ketika baru mengunjungi situs WordPress.org pagi ini. Ada teks yang menarik perhatian saya, bertuliskan “WordPress Trademark Changes Hands” dari blog resmi WordPress. Saya pikir WordPress sudah dijual oleh Matt Mullenweg, pendiri WordPress. Tetapi ketika membaca benar-benar tulisan di blog tersebut, ternyata memang pindah tangan.

Jangan khawatir para pengguna WordPress, Kamu tetap dapat menggunakan WordPress secara gratis tanpa dipungut biaya. Apa yang dilakukan oleh Automattic, perusahaan pemilik merek dagang wordpress sebelumnya adalah memindahkannya ke yayasan non-profit bernama WordPress Foundation, bukan menjualnya ke suatu perusahaan komersial.

Jika kamu membuka situs WordPress Foundation, yayasan tersebut bertujuan melindungi merek dan logo WordPress dari penyalahgunaan. Mereka akan memastikan setiap sumber yang menggunakan merek dan logo WordPress adalah sumber resmi.

Seperti yang tertera pada laman WordPress Foundation, tujuan utama yayasan ini adalah untuk memastikan akses yang bebas, selama-lamanya, terhadap proyek perangkat lunak yang didukung oleh yayasan tersebut.

Pada blog pribadinya,  Matt Mullenweg juga menjelaskan alasan mengapa dirinya mendonasikan merek dan logo WordPress. Dalam tulisannya, Matt Mullenweg mengatakan bahwa transfer merek WordPress kepada WordPress Foundation berarti bagian pusat dari identitas WordPress, yaitu nama dan logonya, sekarang benar-benar independen dari perusahaan manapun.

Sama seperti proyek open source lainnya, WordPress juga membutuhkan yayasan sosial yang akan memastikan bahwa siapapun yang menggunakan proyek tersebut, patuh terhadap lisensi open source. Dalam hal ini WordPress menggunakan GPL yang merupakan salah satu lisensi open source yang tersedia. Oleh karena itulah Matt Mullenweg mendirikan yayasan ini.

Untuk informasi mengenai lebih lanjut mengenai WordPress Foundation, silahkan kunjungi http://www.wordpressfoundation.org.
Hal yang juga menarik:

Hak Cipta

Semua skrip dan teknik dalam artikel di itx.web.id boleh digunakan sebagaimana kehendakmu tanpa perlu mencantumkan sumber. Kamu tidak boleh mengkopi seluruh artikel, dalam Bahasa Indonesia ataupun diterjemahkan ke dalam bahasa lain.


Related Articles:

Artikel terkait:

About the author

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x( X-( B-) ;-) :wink: :twisted: :roll: :oops: :mrgreen: :lol: :idea: :evil: :cry: :arrow: :D :?: :-| :-x :-o :-P :-D :-? :-)) :-) :-( :-& :) :( :!: 8-O 8-) 8) (Русский) (yahoo) (worship) (woot) (wave) (unsure) (tongue) (thinking) (tears) (taser) (smileydance) (sleeping) (sick) (scenic) (rofl) (rock) (party) (panic) (okok) (nottalking) (ninja) (music) (muscle) (muhaha) (money) (mmm) (lonely) (lol) (lmao) (idiot) (hungry) (highfive) (heart_beat) (heart) (headspin) (hassle) (haha) (gym) (griltongue) (goodluck) (girlkiss) (funkydance) (fish_hit) (eyeroll) (evilsmirk) (evil_grin) (drinking) (doh) (devil) (dance) (cry) (cozy) (coffee) (brokenheart) (bringit) (blush) (bigeyes) (beer) (banana_rock) (banana_ninja) (banana_cool) (applause) (annoyed) (angry) (K) (: