Membuat tulisan di dalam sebuah blog memiliki tantangannya sendiri. Berbeda dengan tulisan yang dibuat secara cetak, tulisan dalam media online yang mengharuskan pembaca berdiam diri cukup lama di depan layar monitor membuat kita harus sebisa mungkin menghasilkan tulisan yang tidak membosankan, tidak melelahkan, dan tidak menyiksa pembaca. Sebagai seorang penulis, tentunya kita ingin tulisan kita benar-benar dibaca, bukan sekadar dilihat awal dan akhirnya. Oleh karena itu, tulisan kita pun harus dibuat sedemikian rupa sehingga pembaca tidak merasa kalau membaca tulisan kita adalah membuang waktu. Dengan kata lain, kita usahakan agar tulisan kita tidak terlalu panjang.

Lalu, bagaimana kalau sudah telanjur panjang?

Tentunya satu-satunya solusi untuk permasalahan ini adalah dengan membagi tulisan tersebut. Ya, pada WordPress.com kita bisa memotong beberapa bagian dari tulisan panjang kita menjadi beberapa bagian yang lebih pendek tanpa perlu menggunakan plug-in apa pun.

Membagi Tulisan

Membagi Tulisan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membagi tulisan menjadi beberapa bagian. Tidak hanya dua, tapi juga bisa lebih dari itu. Dengan cara ini, kita akan mendapatkan hasil akhir seperti gambar di atas. Contoh tersebut menunjukkan kalau tulisan dibagi menjadi tiga halaman, sehingga angka yang muncul adalah angka satu hingga tiga.

Baiklah. Langsung saja kita simak bersama cara mudah untuk membagi tulisan panjang menjadi beberapa bagian pendek.

Siapkan tulisan panjangnya
tentunya kita harus menyiapkan terlebih dahulu tulisan panjang yang akan kita bagi. Pastikan tulisan tersebut benar-benar panjang dan layak untuk dibagi menjadi beberapa bagian. Tentu kita tidak mau beberapa bagiannya terlihat terlalu sedikit. Meskipun tidak ada larangan mengenai hal ini, tapi hasil pembagian yang terlalu pendek tidak terlalu sedap dipandang mata.

Masukkan kode rahasianya
Di dalam WordPress.com kita bisa menggunakan salah satu kode yang bisa digunakan untuk membagi tulisan, yaitu dengan menggunakan:

<!--nextpage-->

Kode tersebut bisa digunakan sebanyak mungkin (sesuai kebutuhan) di dalam WordPress.com text editor pada HTML View. Tapi sebelum itu, pastikan kalau kita meletakkan kode tersebut pada bagian yang tepat.

Simpan tulisannya dan lihat hasilnya
Lengkapi hal-hal lainnya seperti kategori dan tag. Kemudian, akhiri dengan menekan tombol PUBLISH sebagai pernyataan kalau kita menyebarluaskan tulisan tersebut. Sekarang kita akan melihat bahwa tulisan panjang yang kita masukkan semula telah terbagi menjadi beberapa bagian yang lebih pendek.


Hal yang juga menarik:

Hak Cipta

Semua skrip dan teknik dalam artikel di itx.web.id boleh digunakan sebagaimana kehendakmu tanpa perlu mencantumkan sumber. Kamu tidak boleh mengkopi seluruh artikel, dalam Bahasa Indonesia ataupun diterjemahkan ke dalam bahasa lain.


Related Articles:

Artikel terkait:

About the author

Saya adalah seorang mahasiswa yang sangat menyukai WordPress.com. Saya sangat suka berdiskusi tentang semua hal yang berhubungan dengan fasilitas gratis WordPress.com

14 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x( X-( B-) ;-) :wink: :twisted: :roll: :oops: :mrgreen: :lol: :idea: :evil: :cry: :arrow: :D :?: :-| :-x :-o :-P :-D :-? :-)) :-) :-( :-& :) :( :!: 8-O 8-) 8) (Русский) (yahoo) (worship) (woot) (wave) (unsure) (tongue) (thinking) (tears) (taser) (smileydance) (sleeping) (sick) (scenic) (rofl) (rock) (party) (panic) (okok) (nottalking) (ninja) (music) (muscle) (muhaha) (money) (mmm) (lonely) (lol) (lmao) (idiot) (hungry) (highfive) (heart_beat) (heart) (headspin) (hassle) (haha) (gym) (griltongue) (goodluck) (girlkiss) (funkydance) (fish_hit) (eyeroll) (evilsmirk) (evil_grin) (drinking) (doh) (devil) (dance) (cry) (cozy) (coffee) (brokenheart) (bringit) (blush) (bigeyes) (beer) (banana_rock) (banana_ninja) (banana_cool) (applause) (annoyed) (angry) (K) (: