WordPress.ORG

WordPress.COM

Sebenarnya, apa bedanya blogging dengan kedua fasilitas diatas? Silakan googling kalau ingin mengetahui definisi kedua istilah tersebut secara lengkap, mungkin Wikipedia akan menjelaskannya dengan rinci, hahaha. Saya sendiri tidak pernah googling tentang perbedaan keduanya. Menurut pengertian saya, ringkasnya :

WordPress.COM –> harus ONLINE. Dapat domain gratis dengan akhiran wordpress.com. Contohnya, www.sapijantan.wordpress.com

WordPress.ORG –> sebuah CMS (seperti Joomla, Drupal, dll) yang anda download, kemudian anda install sendiri. Setelah itu anda harus meng-upload nya pada sebuah hosting. Domain juga anda biasanya harus membelinya.

Kenapa WordPress.Org ?

Dari sapijantan.wordpress.com, anda bisa beralih ke sapijantan.com. Keren, bukan? Dan ingat, tetap menggunakan WordPress. Jadi dapat disimpulkan bahwa WordPress.Org merupakan layanan yang diberikan wordpress untuk menggunakan wordpress namun dengan hosting dan domain kita sendiri, bukan milik WordPress. Apa keuntungannya? Tentu saja dengan menggunakan WordPress.Org website/blog yang anda buat bisa lebih di customizable. Dan masih banyak keuntungan lain. Hohohoh.

Ini adalah kutipan dari WordPress.Org,

WordPress is web software you can use to create a beautiful website or blog. We like to say that WordPress is both free and priceless at the same time.

Okelah, mari kita mulai instal.

Studi Kasus : Menginstall CMS Wordpress di Localhost

Kebutuhan :

  1. Paket Webserver+PHP_Mysql, karena lagi-lagi kita akan mencoba menginstal wordpress di server lokal/ localhost. Bisa anda dapatkan di AppServ atau EasyPHP atau yang lainnya.
  2. CMS WordPress, download di sini.

Praktik 1 : Menyiapkan Database

  1. Buat database bernama wordpress dengan menggunakan phpmyadmin atau mysql command prompt.

    Membuat DB dengan phpmyadmin

    membuat DB dengan phpmyadmin

  2. Biarkan database kosong, anda tidak perlu membuat tabel dan sejenisnya.

Praktik 2 : Instalasi WordPress

  1. Ekstrak file rar hasil download dari WordPress.Org ke dalam document root anda.
  2. Rename folder hasil ekstrak-an dengan nama wordpress (sebenarnya anda bisa menggunakan nama lain, namun untuk kebutuhan praktikum kali ini lebih baik kita gunakan nama yang sama saja, biar lebih gampang. Oke oke )
  3. Buka http://localhost/. Klik pada folder wordpress untuk mulai menjalankan instalasi

    Index Localhost

  4. Menginstall WordPress

Gambar dibawah menunjukkan cara penginstalan step-by-step nya. Oh oh jangan khawatir, untuk petunjuk instalasi per-step ada dibawah gallery gambar. Ok, selamat mencoba.


Petunjuk Instalasi WordPress

  1. Klik pada create configuration file untuk membuat file konfigurasi wordpress yang akan kita install.
  2. Akan muncul keterangan yang mengarahkan anda untuk mengisi keterangan mengenai database. Oke, pilih let’s go!
  3. Mengisi setting database kita, isikan seperti pada gambar Step 3 diatas. Kalau sudah, klik submit.Database name : wordpressUsername : sesuaikan dengan setting mysql anda. Biasanya root

    Password : sesuaikan dengan setting mysql anda. Kenapa pada gambar diatas password dikosongi? Karena saya tidak menggunakan password pada mysql saya :)

    untuk database host dan table prefix biarkan default

  4. Klik pada Run the install
  5. Mengisi setting website yang akan kita buat dengan wordpress. Anda bisa mengisinya dengan sesuka anda, kalau bingung, anda bisa menggunakan contoh pengaturan saya. Klik install wordpress setelah anda selesai mengisi form. Site title : Wiwik’s Personal PageUsername : adminwiwik

    Password : adminwiw1k (tuliskan dua kali)

    email : wiwik@admin.com

  6. TADAAAAAAA. Sukses !! Anda telah berhasil menginstall wordpress pada localhost. (Yok, makan-makan dulu…). Untuk mulai login, klik login.
  7. Masukkan username dan password (seperti settingan pada Step 5). Klik login.
  8. Anda akan diarahkan ke dashboard wordpress. Sampai disini, anda bisa mulai posting, mengatur tema, dan lain lain seperti kegiatan anda di wordpress.com :)
  9. Untuk melihat “hasil”nya, pergi ke http://localhost/wordpress/

Step 9

Hohoho. Sekarang anda bisa bermain-main dengan wordpress pada server lokal anda. Jika anda ingin menggunakannya benar-benar, tentu saja anda harus meng-uploadnya di hosting. Hosting biasanya berbayar, namun ada juga yang gratisan. Jika anda ingin mencoba, silakan gunakan yang gratisan terlebih dulu seperti di byethost atau freehostia.

Oke, happy WordPress-ing! Keep Blogging! :D
Hal yang juga menarik:

Hak Cipta

Semua skrip dan teknik dalam artikel di itx.web.id boleh digunakan sebagaimana kehendakmu tanpa perlu mencantumkan sumber. Kamu tidak boleh mengkopi seluruh artikel, dalam Bahasa Indonesia ataupun diterjemahkan ke dalam bahasa lain.


Related Articles:

Artikel terkait:

About the author

obviously, a girl. with sweet smile, off course. turning her 21 years trapped on Informatics departement and just started to having some crush with it lately. she uses wordpress. she loves php. she lo

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x( X-( B-) ;-) :wink: :twisted: :roll: :oops: :mrgreen: :lol: :idea: :evil: :cry: :arrow: :D :?: :-| :-x :-o :-P :-D :-? :-)) :-) :-( :-& :) :( :!: 8-O 8-) 8) (Русский) (yahoo) (worship) (woot) (wave) (unsure) (tongue) (thinking) (tears) (taser) (smileydance) (sleeping) (sick) (scenic) (rofl) (rock) (party) (panic) (okok) (nottalking) (ninja) (music) (muscle) (muhaha) (money) (mmm) (lonely) (lol) (lmao) (idiot) (hungry) (highfive) (heart_beat) (heart) (headspin) (hassle) (haha) (gym) (griltongue) (goodluck) (girlkiss) (funkydance) (fish_hit) (eyeroll) (evilsmirk) (evil_grin) (drinking) (doh) (devil) (dance) (cry) (cozy) (coffee) (brokenheart) (bringit) (blush) (bigeyes) (beer) (banana_rock) (banana_ninja) (banana_cool) (applause) (annoyed) (angry) (K) (: