Kategori
Indonesia

Dirgahayu Republik Indonesia (tidak pakai ke-65)

Dirgahayu jangan ditambahi ke-65!

Dirgahayu berasal dari bahasa sansekerta yang mengandung arti panjang umur. Jadi, kalimat “Dirgahayu RI ke-65” mempunyai arti “Panjang umur RI ke-65”. Lhoh? kok malah jadi menyelamati “RI ke-65”?! Emangnya RI ada banyak sekali sampai ada RI ke-65? Artinya jadi amburadul khan?! Yang semula sok-sokan pengen pake kalimat yang keren eeee malah salah!

Kita coba melakukan googling dengan keyword “Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia” hampir semua yang muncul adalah SALAH.

Hampir semuanya pakai ke-65.

Tulisan/pengucapan yang salah ini sudah sangat melekat di masyarakat, hingga orang-orang biasa, orang-orang penting, presenter, hingga Iklan di TV-pun kebanyakan salah dalam menggunakan kata dirgahayu.

Padahal hal ini sudah jutaan kali dibahas, tetap saja orang-orang itu menulis dengan cara yang salah. Tak heran jika orang Indonesia dicap sebagai orang yang bodoh, makai bahasanya sendiri saja tidak bisa … capek bener

Ada lagi kalimat yang ambigu. Tapi menurut saya ambigu itu lebih baik daripada yang salah (lol) . Yaitu penggunaan kalimat “Selamat HUT RI ke-65”. Kalimat ini bisa-bisa mengandung arti menyelamati RI ke-65, padahal RI hanya ada satu. Yang paling benar adalah “Selamat Merayakan HUT ke-65 RI.”

Jadi, bagi pembaca sekalian, mohon teman-temannnya diperingatkan kalau memakai kata dirgahayu dengan salah. Yang benar cukup bilang Dirgahayu RI, sedangkan ke-65 mohon tidak usah dipakai saja atau buat kalimat baru yang benar.!

Kategori
Indonesia

Tak Ada Tabung Gas yang Meledak di Setiap Kejadian Tabung Gas Meledak

lhoh.. judulnya koq bikin mumet?
iya.. aku sendiri juga mumet, soalnya memang tabung gas-nya gak meledak koq.

Jika ada yang bertanya apa yang menyebabkan tabung gas meledak jawabnya apa?
Saya gak bisa jawab, soalnya tak pernah ada kasus tabung gas meledak. (lol)

Jadi, apa dong yang meledak?
Yang meledak ruangannya. Ruangan itu terisi oleh Gas yang bocor, lalu gas bocor tersebut tersulut oleh api, sehingga meledaklah ruangan itu. Dan setelah kejadian tu ternyata tabung gas-nya masih utuh, paling banter cuma gosong2 karna terbakar. Jadi, di semua kasus yang katanya tabung gas meledak itu ternyata tabung elpiji-nya tak ada satupun yang meledak.

Gimana caranya mengatasi gas bocor itu?
Yang paling sering terjadi adalah klep/karet/o-ring/rubber pada tabung yang tidak rapat. Tandanya adalah saat regulator dipasang, terjadi kebocoran di antara regulator dan tabung dan tercium bau gas. Saya sendiri dikasih banyak sekali klep ini oleh penjual gas tetangga saya, biar kalo klep bocor bisa ganti sendiri.  Kalo sebabnya slang atau regulator yg bocor, ya tinggal beli aja yang baru.

Yang patut dipersalahkan tentang masalah ini siapa?
Wah, sukanya koq menyalahkan orang lhoooo… Tap kalo bener mau menyalahkan ya yang salah media massa,

Loh. koq yang salah malah media massa?
Hahahaha…. saya kan cuma mbahas dari segi bahasanya bos.  Jadi tentang bahasa yang salah kaprah ini, jelas sekali yang salah adalah media massa. Karena media massa menyebarkan berita tidak benar tentang tabung gas yang meledak, padahal tak ada satupun tabung gas yang meledak. Ingat, tak ada tabung gas yang meledak. Yang paling benar adalah Ledakan karena Gas. Tapi jika terpaksa, boleh lah memakai istilah “gas meledak”, meskipun sebenarnya gas itu bukan yang meledak, tapi yang menyebabkan rumah/ruangan meledak.  ….