Studi Kasus : Membuat script untuk pencarian data dalam database
Kebutuhan : Webserver Packages, already installed.

Searching, merupakan fasilitas yang hampir selalu ada dalam setiap aplikasi, baik aplikasi berbasis web ataupun desktop. Setiap halaman web/ blog juga akan ditemukan fasilitas ini. Tutorial berikut akan memberikan konsep dasar dari searching, dengan melakukan pencarian pada data terstruktu (database).

Ok, langsung praktik saja.

Step 1 : Persiapkan Database

  1. Buat database dengan nama db_tutorial
  2. Siapkan tabel dengan nama tb_student, dengan struktur tabel seperti gambar dibawah ini.
  3. Insert-kan beberapa sample data, misal seperti gambar dibawah,
  4. Done with the database!

Step 2 : Persiapkan Folder Kerja

  1. Buat folder dengan nama searching dalam document root anda
  2. Simpan semua file dalam praktikum ini dalam folder tersebut.

Step 3 : Membuat script koneksi ke DB

  1. Ketikkan script berikut,
    <?php
    $host = "localhost";
    $user = "root";
    $pass = "";
    $dbName = "db_tutorial";
    mysql_connect($host, $user, $pass);
    mysql_select_db($dbName)
    or die ("Connect Failed !! : ".mysql_error());
    ?>
    
  2. simpan dengan nama connect.php
  3. Penjelasan : Script ini akan digunakan untuk menghubungan aplikasi kita dengan database db_tutorial. Sesuaikan username dan password dengan setting-an mysql anda.

Step 4 : Membuat form pencarian

  1. Ketikkan script berikut,
    <html>
    <head>
    <title> Halaman Pencarian </title>
    </head>
    <body>
    <form name="formcari" method="post" action="search_exe.php">
    <table width="330" border="0" align="center" cellpadding="0">
    <tr bgcolor="orange">
    <td height="25" colspan="3">
    <strong> Student Searching ! </strong>
    </td>
    </tr>
    <tr> <td>  Name </td>
    <td> <input type="text" name="name"> </td>
    </tr>
    <td></td>
    <td> <input type="SUBMIT" name="SUBMIT" id="SUBMIT" value="search" > </td>
    </table>
    </form>
    </body>
    </html>
    
  2. simpan dengan nama formsearching.php
  3. Penjelasan : script diatas adalah HTML script biasa yang akan menampilkan form. Perhatian bagian action="search_exe.php", bagian ini dimaksudkan bahwa form akan diproses oleh script search_exe.php

Step 5 : Membuat script pemrosesan dan menampilkan hasil searching

  1. Ketikkan script berikut,
    <?php
    include "connect.php";
    $name= $_POST['name']; //get the nama value from form
    $q = "SELECT * from tb_student where name like '%$name%' "; //query to get the search result
    $result = mysql_query($q); //execute the query $q
    echo "<center>";
    echo "<h2> Hasil Searching </h2>";
    echo "<table border='1' cellpadding='5' cellspacing='8'>";
    echo "
    <tr bgcolor='orange'>
    <td>No</td>
    <td>Nama Mahasiswa</td>
    <td>Alamat</td>
    </tr>";
    while ($data = mysql_fetch_array($result)) {  //fetch the result from query into an array
    echo "
    <tr>
    <td>".$data['no']."</td>
    <td>".$data['name']."</td>
    <td>".$data['address']."</td>
    </tr>";
    }
    echo "</table>";
    ?>
    
  2. simpan dengan nama search_exe.php
  3. Penjelasan dapat dilihat di script comment

Step 6 : Testing Code

  1. Pergi ke http://localhost/searching/formsearching.php. Anda akan melihat form seperti dibawah,
  2. Masukkan nama pada field nama (misal nama yang telah diinsert ke DB, yaitu june)
  3. Klik tombol search dan anda akan melihat hasilnya

Selamat berkreasi dengan PHP :D Happy Coding..
Hal yang juga menarik:

Hak Cipta

Semua skrip dan teknik dalam artikel di itx.web.id boleh digunakan sebagaimana kehendakmu tanpa perlu mencantumkan sumber. Kamu tidak boleh mengkopi seluruh artikel, dalam Bahasa Indonesia ataupun diterjemahkan ke dalam bahasa lain.

This post is also available in: English


Related Articles:

: PHP

About the author

obviously, a girl. with sweet smile, off course. turning her 21 years trapped on Informatics departement and just started to having some crush with it lately. she uses wordpress. she loves php. she lo

131 Comments

  • harris says:

    kalo search dari banyak tabel gimana caranya ya?
    mohon petunjuk ni..

    trims

    • itx says:

      ya disearch aja satu-satu.
      pake perulangan “for” atau apalah

    • littleflow3r says:

      kasus nya gimana dulu?

      search dari banyak tabel.. asal dari berbagai tabel tersebut ada relasinya, tinggal ganti script ini –> $q = “SELECT * from tb_student where name like ‘%$name%’ ”

      sesuaikan saja dengan kebutuhan :D

  • Rizky says:

    Kalau nandai hasil pencariannya gimana? misalnya yang dicari “Aku” nanti aku di hasil pencariannya di kasi warna. (unsure)

    • itx says:

      menggunakan fungsi str_replace, jadi hasilnya nanti ditambahi suatu tag.
      contohnya sebelum $data['name'] di-echo, diproses dulu:

      $data['name']=str_replace($_POST['name'],'<span class="blue">'.$_POST['name'].'</span>',$data['name'])
  • cpx says:

    bisa dikasi contoh script untuk pencarian dari banyak table?

  • lela says:

    kok search saya ndag skses seeh,apanya yg slah yah,,
    setiap sya mngklik tmbol search mncul peringtan seperti ini
    “Connect Failed !! : Access denied for user ‘www-data’@'localhost’ (using password: NO)”
    apanya yg slah yach…?

  • lela says:

    maaf,,,
    ternyata sya yg slah sya lupa memberikan koneksi nya,,,
    tapi ndag ada tmpilan nya,,,
    data yg di cari nggak muncul,,,

    • itx says:

      data di dalamnya memang ada atau tidak?

      kalo dicoba querynya “SELECT * from tb_student where name like ‘%$name%’ ” langsung di phpmyadmin hasilnya gimana?

    • lela says:

      ia sya sudah coba dengan menggunakan script sprti itu,tapi msih blum ada hsil nya,brhbung dgn saya mau mencari data brdsrkan keterangan bkan nama,
      jadi sya pkai seperti ini “SELECT * from upload where keterangan like ‘%$keterangan%’ “;
      udah cocok,ato gmna,,,?

    • itx says:

      sudah dicoba querynya langsung di phpmyadmin?

    • lela says:

      maaf mksud nya gmna…?

    • ayhu says:

      mbak gmna neeh,,,
      sya msih blom bsa menmpilkan isi database yg di cari

    • lela says:

      hey mbak ayhu,,,!!!
      ngpaen kmu nulis prtnyaan km d form sya,,,?
      jgn replay dsni mbak,buat kolom bru donk,,,
      tpi nggak pa2 dech, kbtulan sya jga mmpnyai mslah sprti itu, dri kmrin sya msih blom jga menampilkan isi file yg di cari

    • itx says:

      masalah memang banyak, jadi jangan ragu mencoba.

      tool yg wajib dipunyai: phpmyadmin, kalo gak tahu apa disearch aja.

      checklist dulu:
      tabelnya udah diisi data belom?

    • lela says:

      iya sya sudah mengisi tabel database nya,
      mkanya itu sya heran kok,msih ndag bsa nampilin isi data yg di cari

    • itx says:

      di bawah kode ini:
      $result = mysql_query($q);

      dikasih:
      echo $q;

      ntar khn keluar querynya apa. trus query tsb dicopas dan dijalankan ke SQL-nya phpmyadmin, trus lihat hasilnya. hal ini utk mengetahui apakah querynya udah bener apa blm.

    • lela says:

      di saat saya mencari keterangan yg brjudul “qwerty”
      muncul sperti ini SELECT * from upload where keterangan like ‘%qwerty%’
      mksudnya itu apa…?

    • itx says:

      itu SQLnya. sekarang dicobakan di phpmyadmin.

    • lela says:

      gmna neeh,,,
      sya msih blom brhsil menampilkan data yg di cari,,,
      sya pusing bnget

    • lela says:

      mksudnya d cobakn gmna,,,?
      n cra nya bgaimna

    • itx says:

      buka phpmyadmin lalu jalankan SQL itu di sana

    • lela says:

      sql yg mna yg hrus sya jlan kan di phpmyadmin sya…
      sql yg ini $q = “SELECT * from upload where keterangan like ‘%$keterangan%’ “;(sql yg di dlam file)
      atau yg ini SELECT * from upload where keterangan like ‘%asd%’ (sql yg muncul pda saat setelah menklik tmbol search)

    • lela says:

      sql yg ini $q = “SELECT * from upload where keterangan like ‘%$keterangan%’ “;(sql yg di dlam file)
      saya sudah coba menjlan kan di phpmyadmin tapi kok mncul eror,,
      terus
      sql yg ini SELECT * from upload where keterangan like ‘%asd%’ (sql yg muncul pda saat setelah menklik tmbol search)
      saya sudah coba menjlan kan di phpmyadmin jga klom field keterangan da klom “asd” (isi keterangan) seperti terblok

    • itx says:

      tulisannya errornya apa??

    • lela says:

      k’ saya sudah bisa menampilkan data yang di cari,,,
      tapi saya mau kalau kolom search tidak di isi,ada muncul peringatan bhwa harus mengisi klom search,,,
      karna saat ini, mmg sya sudah bisa menampilkan data yang di cari,,tpi saya coba dengan tidak mengisi kolom search nya kok lngsung mncul semua data yg ada di dlam database saya,,,

    • itx says:

      kolom search bagian mana?

    • lela says:

      mksud nya gini k’,,,
      sya kan mencri data berdasarkan keterangan,,,
      trus sya buat kan form untuk mencari data,,,
      yang sya ingin kan itu bgmna script nya untuk memberi peringatan apabila mengklik tombol search lantas tidak ada kata atau tulisan yang di ketik di dlam form pencarian (dlam klom keterangan),,,
      karna sekarang ini saya sudah coba untuk mencari data sudah berhasil,,,
      tapi di saat sya coba mengklik tombol search,tanpa mengetik kata atau kalimat, hasil nya itu semua data-data yang di dalam database saya muncul

    • itx says:

      btw kmaren tuh kesalahan di mana?

      kalo mo melakukan sesuatu jika tidak ada input. tinggal tambahkan if sebelum proses.
      misalnya letakkan kode berikut setelah $name= $_POST['name']; //get the nama value from form

      if(!$name) die('Kata pencarian belum dimasukkan');

    • lela says:

      OK dech kk…!!!
      mksih atas bntuan nya,,,
      tapi saya mau nanya lagi kak,,,
      gini saya kan buat kan hlman login untuk msuk ke dalam form dan itu sudah brhasil tapi ada satu mslah ketika saya sudah login dan sudah berada di form yang di tuju kenapa pda saat saya mengklik tmbol back kok bsa kmbli ke hlman login,,,
      nah,, yang saya mau itulah bgmna script nya agar tmbol back itu tidak brfngsi bgtu pula pda saat setelah logout,,,krna logout nya jga mnglmi hal yg sama sprti itu
      saya sudah login tpi kok msih bsa kmbli lagi ke hlman form,shrusnya kan login dlu bru bsa msuk
      thanks sblmnya

    • itx says:

      pakai session

    • lela says:

      kak saya sudah sisip kan session ke dlam file form saya dan script nya itu sprti ini

      tolong coba cek script saya itu kak,,sbnrnya yg slah itu apa krna script itu saya sudah gnakan di dua form sya yg lain nya dan hasil nya sukses,tapi pda saat sya gunakan lagi di fom sya yg satu kok pda saat mmbuka form login kok lngsung mnju ke form yang di tuju stlah login (formupload.php),,,?

    • lela says:

      tolong cek script saya k’

    • lela says:

      k’ bisa mnta script session nya ndag,,,

    • lela says:

      maaf k’ kok script yang saya kirim ndag nampil seeh..?

  • anggi says:

    ada tidak script buat login dan logout nya…?

  • wahyu says:

    kak bagaimana cara membatasi hasil pencarian.misalnya: hasil pencarian sebanyak 20 baris.. kemudian kita akan menampilkan 10 baris terlebih dahulu lalu 10 baris yang lain ditampilkan di halamn yang laen.. mis pake kode ?page=2. tolong balas ke email ya kaks plese codenya ditunggu..

  • nandar says:

    minta script untuk query LIMIT nya donk,,,
    sya jga mau buat sprti yang di ktakan mas wahyu di ats

    • itx says:

      seperti query di atas tingal ditambahi kata limit.

      “SELECT * from tb_student where name like ‘%$name%’ LIMIT 20″;

    • nandar says:

      sya sdah msukkan script yg mbak kasi tpi kok ndag ada reaksi nya seeh,,,
      masih ttap sprti itu

    • itx says:

      tetap apanya?

    • nandar says:

      tetap tidak ada perubahan, semua data muncul
      kyaknya limitnya ndag brfngsi

    • itx says:

      coba kalau LIMIT 5

    • nandar says:

      ini sdah berhsil, sudah ada tmpilan nya,tapi susunan data yang tmpil tdak berurut,,
      terus pda saat saya mengklik tmbol hlman dua kok nggak ada tampilannya seeh,,,
      kira2 itu pnybab nya apa yach…?

    • itx says:

      itu khn script utk proses di satu halaman saja.
      halaman dua dst ya butuh pemroses lagi dong.

      coba deh googling tentang LIMIT dan ORDER BY di mysql.

    • nandar says:

      <?php
      $conn = mysql_connect("localhost", "root", "admin");
      mysql_select_db("dbname");
      //mencari banyak data yang ada dalam tabel
      $sqlCount = "select count(id) from upload";
      $rsCount = mysql_fetch_array(mysql_query($sqlCount));
      $banyakData = $rsCount[0];
      $page = isset($_GET['page']) ? $_GET['page'] : 1;
      $limit = 10;
      $mulai_dari = $limit * ($page – 1);
      $sql_limit = "select * from upload order by keterangan limit $mulai_dari, $limit";
      $hasil = mysql_query($sql_limit);
      //menampilkan data
      echo '

      ID
      Keterangan
      Bagian
      Tanggal
      Data Arsip
      ‘;
      while($data = mysql_fetch_array($hasil)){
      echo ”;
      echo ”.$data['id'].”;
      echo ”.$data['keterangan'].”;
      echo ”.$data['bagian'].”;
      echo ”.$data['tanggal'].”;
      echo ”.$data['name'].”;
      echo ”;
      }
      echo ”;
      //membuat pagination
      $banyakHalaman = ceil($banyakData / $limit);
      echo ‘Halaman: ‘;
      for($i = 1; $i <= $banyakHalaman; $i++){
      if($page != $i){
      echo '['.$i.'] ‘;
      }else{
      echo “[$i] “;
      }
      }
      ?>

    • itx says:

      di addres bar yg tertampil gimana?

      utk halaman 2 mustinya:
      http://namaserver/limit.php?page=2

      utk hlmn 3 mustinya:
      http://namaserver/limit.php?page=3

      dst

    • nandar says:

      di address bar dah ada tampilan nya cuman tampilan nya itu ndag berurut,,,
      terus klo di saya kli hlman ke dua, ke tiga dst..
      itu tidak ada satu pun data yag nampil sma klom nya sja
      dan untuk menampilkan data pada halaman brikut nya saya pakai script
      (echo ‘['.$i.'] ‘;)

    • nandar says:

      saya sudah berhasil mbak tapi saya mau mnta scriptnya lagi buat menambahkan tombol sebelumnya dan selanjutnya
      krna sya takut kan nnti kalau data ku udah bnyak nnti halaman nya tambah panjang lagi]
      tq before

    • itx says:

      pake itu khn halaman sebelum dan sesudahnya sudah tercetak.

    • nandar says:

      blum ada mbak,,,
      dsni mmng sudah tercetak nmor2 hlman brikut nya tapi tmbol untuk next dan previous nya nggak ada
      sya mau nya itu sprti ini
      prev 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 ….30 next
      model nya seperti itu mbak
      krna skrng itu tmpilan nya hnya sprti ini
      1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 dst sampai data itu brkhir,,,
      kan klo gtu mbak kan ribet jadi nya,,,
      krna klo data semakin bnyak masa urutan hlman jga akan semakin pnjang gtu

    • nandar says:

      kok ndag ada penjelasan nya seeh
      sya ndag mngrti

  • edo says:

    klobuat halaman pencarian data tapi dari lisbox gmn ya?

  • Zaqi says:

    Mau tanya donk klo versi OOP nya gmn ya?

  • anggi says:

    saya mau nanya ada ndag script buat mencari file berdasarkan kata2 yang ada di dlam file tersebut…?
    klo ada bagi donk

  • Reza says:

    Hi mau nanya donk kk..

    kok saya malah jadi tampil semuanya yg ada di database padahal udah di sesuaikan semuanya..
    gimana ya?

  • Amix says:

    oke banget nih … aku sudah coba dan sukses … tapi ada kendala nih… (thinking) gimana kalau kita mau memasukkan data ke tabel yang sudah dibuat? tanpa perlu repot2 masuk ke databasenya? maksud saya form untuk pengisian data sekaligus untuk meng edit data tersebut jika ada kesalahan penginputan?! ….. wah jadi pengen belajar terus nih kalo gini nih….

    ilmu yang sangat bermanfaat! :) makasih sebelumnya & permisiii untuk copas nyang diatass

  • Lenbad says:

    klo 3 tabel gmn?
    msalnya tabel siswa kelas1, kelas2, kelas3…
    yg mw dicari nama siswanya…

  • jepoe says:

    saya lagi merancang aplikasi alkitab online menggunakan php dan my sql,,mohon sarannya yaa,,buat pemanggilan dan menampilkan pasal,ayat dan isi setelah dipilih dari combobox. juga pencarian kata dalam alkitab.

  • rudi says:

    mas mw tanya dong,
    bikin search tapi ketika disearch data yg muncul bisa di update sma di delete, terus jika data yg di panggil tidak ada harus mengeluarkan pesan, itu gimana mas? :cry:

  • key says:

    gan codingnya error pas ane klik cari
    “Warning: include(koneksi.php) [function.include]: failed to open stream: No such file or directory in C:\xampp\htdocs\SKRIPSI\test2\search_exe.php on line 2

    Warning: include() [function.include]: Failed opening ‘koneksi.php’ for inclusion (include_path=’.;C:\xampp\php\PEAR’) in C:\xampp\htdocs\SKRIPSI\test2\search_exe.php on line 2

    Warning: mysql_query() [function.mysql-query]: Access denied for user ‘ODBC’@'localhost’ (using password: NO) in C:\xampp\htdocs\SKRIPSI\test2\search_exe.php on line 5

    Warning: mysql_query() [function.mysql-query]: A link to the server could not be established in C:\xampp\htdocs\SKRIPSI\test2\search_exe.php on line 5
    Hasil Searching

    Warning: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, boolean given in C:\xampp\htdocs\SKRIPSI\test2\search_exe.php on line 15″

  • nurul husna says:

    saya nak buat carian nama sekolah dengan cara yang mudah sekiranya tidak ingat kod sekolah tersebut.saya guna combobox..help me plissssss :-(

  • sv says:

    thx sob atas infonya//….. ;-)

  • hand says:

    bos aq buat web kan nggak pakek php cuma css dan html…. trs cara buat searchnya gmn soalnya ni tinggal searchnya aja yang g fungsi….

  • Yudi Aswandi says:

    Mas, kalau mau buat pencarian dgn multi kolom dan hasilnya ditampilkan dalam bentuk tabel, terus tiap hasil pencarianya bisa ditampilkan detil infonya gimana Mas? Misalnya pencarian berdasarkan provinsi, rentang usia, kemudian hasil pencariannya bisa ditampilkan detilnya satu-satu.
    Maklum Mas, msh baru..

  • rohman says:

    mau tanyaknih lagi bingung.
    gimana cara untuk menyimpan data record pada tabel.

    table disini fieldnya dinamis, misal pada tabel mhs filednya ada idmhs,nama;

    sehingga perintah sqlnya:
    insert into mhs (idmhs,nama) value (\\\\\\\’$idmhs\\\\\\\’,\\\\\\\’$nama\\\\\\\’);

    bagaimana jika ada penambahan filed kelas. sehingga filed table pada mhs menjadi (idms,nama,kelas); untuk penambah field itu saya sudah bisa. yang jadi permasalahan bagaimana cara menginputkan data yang fildnya bertambah secara dinamis. skrip penyimpanannya bagaimana.

    mohon bantuan pra programer.

  • e-one says:

    gan kalo saya punya data nya dari exel trus di convert ke sql bisa ga. supaya ga ketik atu atu gt.

  • p3m4la5 says:

    Bos klo databsenya dari ms access gmn ? konek… ok tapi mentoknya selalu di ” Fatal error: Call to undefined function odbc_query() “.
    Tolong dong bos…. udh diotak atik…. blom nemu nih…

  • putra says:

    kalo search nya langsung di klick datanya keluar semua…
    gimana supaya bisa tervalidasi, supaya pada saat input box kosong, keluar pesan. ? “anda belum memasukkan kata yang di cari..? ”
    makasih…
    http://itx.web.id/wp-includes/images/smilies/smiley-dance.gif

  • Nah, kalo sistem pencarian dengan multi kata & lebih detail dengan menggunakan array gimana Mba?
    Misalnya :
    dimana rumah kamu

    yang kita cari :
    * dimana rumah kamu
    * dimana rumah
    * rumah kamu
    * dimana kamu
    * dimana
    * rumah
    * kamu

    trus masing-masing diberikan nilai & dicari modusnya. Ini implementasi untuk pencarian lebih detail. Bisa dibantu? tolong send email ke gotechidna@gmail.com

    (Dulu pernah bikin tapi ilang karena hd keformat T_T)

  • anie says:

    ak mau nanya…gmana ya mau search data di dlm dbase sekalian ama picturenya..ak berhasil menyimpan data ke dbase dan picture ke folder..tapi bila ak mau search base on ID…kok hanya data aja terpapar…piturenya enggak…g mna ya kak…terima kasih ya atas bantuan.

    malaysia user

  • Rahayu says:

    Terima Kasih petunjuknya. web anda sangat sangat sangat membantu saya
    Terima Kasih :)

  • anwar says:

    bisa ga bikin jam berubah otomatis berwarna merah

  • anwar says:

    ????
    :?:
    saya ga tau……..
    tolong dongg

  • siska says:

    Tolong bantu dong..
    Gimana codingnya kalo hasil pencariannya tetap di halaman yang sama, jadi gak perlu bolak-balik gt. Udah kucoba tp fatal error.

  • siska says:

    Mas, ternyata bisa pake AJAX yg kutanyain itu, tapi kok hasilnya jadi ditampilin berulang2 ya..????

  • sidqi says:

    sy ikut nanya…..
    sy udah ikuti cara yg diterangkan diatas ..tapi gambar yang upload tidak masuk ke C:\xampp\htdocs\halloMobile\image\ …tp gambar hasil upload ada ke folder E:/DocumentRootTuni/helloMobile/image/ Tolong pencerahan … Trm ksh:?: :?:

  • enya says:

    kalo untuk pencarian dua kategori gmn??
    misalnya pencarian pada nomer dan sekaligus alamat dalam satu tombol?????

  • Ai Kurniasih says:

    Assalamu’alaikum

    mau naya nich…Gmna sich Scripting untuk Searching nya satu dalam Dua buah yang berbeda..

    teimaksih..

    Ditunggu. :)

  • anggeri says:

    contoh untuk yang multiple keyword bukan di namanya aja lho …

    <?
    if (isset($_POST['search'])) {
    if ($_POST['keyword'] !='' ) {
    $keyword = trim($_POST['keyword']);

    $sql = "SELECT * FROM pegawai WHERE nik LIKE '%" .$keyword. "%' OR nama LIKE '%" .$keyword. "%' OR tempatlahir LIKE '%" .$keyword. "%' OR tanggallahir LIKE '%" .$keyword. "%' OR divisi LIKE '%" .$keyword. "%' OR alamat LIKE '%" .$keyword. "%' ";
    $query = mysql_query ($sql);
    $countData = mysql_num_rows ($query);

    //dicek apkah data ada atau tidak ada
    //jika data ada atau lebih dati nol, lakukan looping data
    echo "”;
    echo “”;
    echo “NO\n”;
    echo “NIK\n”;
    echo “NAMA\n”;
    echo “TEMPAT LAHIR\n”;
    echo “TANGGAL LAHIR\n”;
    echo “DIVISI\n”;
    echo “ALAMAT\n”;

    if( $countData > 0 )
    {
    $i=0;
    while($data = mysql_fetch_assoc($query)) {
    $i++;
    echo “”;
    echo “”.$i.”\n”;
    echo “”.$data['nik'].”\n”;
    echo “”.$data['nama'].”\n”;
    echo “”.$data['tempatlahir'].”\n”;
    echo “”.$data['tanggallahir'].”\n”;
    echo “”.$data['divisi'].”\n”;
    echo “”.$data['alamat'].”\n”;
    echo “”;
    }
    } else {
    echo “”;
    echo “- data tidak ditemukan -“;
    echo “”;
    }

    echo “”;
    echo “ ditemukan data “.$countData.” record“;
    echo “”;
    echo “”;
    } else {
    echo ‘- silahkan masukkan keyword -‘;
    }

    }

    ?>

  • Rohmadi says:

    Tutorial yang bagus. Trims atas ilmunya.

  • faqih says:

    ini saya punya form pencarian yang menggunakan list menu…tpi kenapa klo listnya gak diselect tetep membaca
    tolong bagaimana caranya klau list menu g di select jadi ia otomatis g ada valuenya

    Form Tenaga Kerja

    Pencarian Data Karyawan

    NIP

  • nanang says:

    mas butuh pencerahan
    knapa pas mau buat tabel trus auto increment di centang waktu save jd error
    not null auto increment gt

    repp pencerahanya thank’s

  • iq says:

    klo eror’a kyk gni knp mas?
    Warning: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, boolean given in C:\xampp\htdocs\iq\search_exe.php on line 15

  • ck says:

    ko saya isi kosong si form nya.. malah ngelink jadi semua table yah …????

  • owner says:

    Woow, very nice post. Thanks :) .

    PHP is a powerful tool for making dynamic and interactive Web pages – PHP Examples.

  • adi says:

    mas mau nynya klo udh berhasil membuat tapi waktu diketik nama lalu di searc muncul Warning: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, boolean given in C:\xampp\htdocs\searching\search_exe.php on line 18 nnnnn mksd pa n tolng bantuANYA

  • mikael says:

    Bro numpang nanya, kalo gw mau supaya yang di-bold hasil pencariannya ga case sensitive gmn.. karena kasusnya kaya gini: kalo gw search dengan kata kunci “Janet” sedangkan di hasil search nya ada “janet”, dia ga di-bold karena Janet berbeda dengan janet (di PHP case sensitive, di MySQL ga case sensitive), nah gmn caranya kl gw mau hasil janet jg di bold… thanks jawabannya… :)

  • ck says:

    saya mau bertanya code pencarian data dengan 2 kata kunci menampilkan alamat dan nama yang sama ..? gimana scriptnya yaa…. help me

  • amel says:

    maaf saya mau nanya nih..
    saya belum sukses bikin fungsi search, padahal saya sudah sama seperti script di atas.
    pada saat di load terdapat error seperti ini “Warning: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, boolean given in C:\xampp\htdocs\PL\search.php on line 21″. On line 21 scriptnya adalah ini–> while ($data=mysql_fetch_array($result)) .
    itu kira2 apanya ya yang salah.. mohon bantuannya kaka :)
    trimakasih

  • Bing says:

    Pak,
    tutorial searching anda bagus, sudah saya coba, memuaskan, terimakasih……..
    Oya, anda punya juga gak tutorial untuk software chatting seperti di ym dan fb itu….?
    mohon petunjuknya ya…..!
    thanks,
    Bing

  • rando says:

    thank’s Bro sangat membantu,,,,,aku mau nanya tentang pembuatan script pemberitahuan untuk admin,,,,misalnya kalo ada user yang baru mendaftar, si admin akan di beri tau ada berapa user yang daftar hari ini,,,jd si user ga perlu cek lagi…..mohon bantuan nya,,,,sekali lagi thank’s,,,,,

    • di2c says:

      bisa juga di tambahkan kolom tanggal untuk setiap register, trus di query filter berdasarkan tanggal terupdate,,, atau bsa jg form registernya di POST kan juga ke email admin, jd setiap ada yg register admin dpt notif via email

  • rando says:

    Thank’s Bro,,,,,sangat membantu,,,,,
    saya mau tanya ni,,,,bgmn caranya buat pesan untuk admin,,,,misalnya kalau ada 3 sampai 4 user yang baru daftar, pesanx akan di sampaikan ke admin,,,jd otomatis admin akan tau berapa user yg telah mendaftar hari ini,,,jd si admin ga perlu cek lagi berapa user yang hari ini mendaftar……Mohon bantuannya

  • bayu says:

    wahh . .. scriptny bagus tu masee . . .hahaha
    tapi aku mauny hasil search ny di tampilin langsung d halaman itu . . . gmn ya caranya . . ? :)

  • djsamm88 says:

    Muantap gan…
    Dah ane pake di http://www.djsamm.16mb.com

    Tapi yang mau ane tanya…

    Ada tutor ngga buat search keyword???
    Kalo ada tlng dikabarin ya…

    Thanks….

  • Lee says:

    bro kenapa script ini $q = “SELECT * from tb_student where name like ‘%$name%’ “; //query to get the search result
    $result = mysql_query($q); //execute the query $q

    saat saya memangil from query….dari database saya error.
    dan error yang muncul seperti ini.

    Warning: mysql_fetch_array(): supplied argument is not
    a valid MySQL result resource in ….
    dengan itu saya ganti source yang saya debuggin query diform database saya tersebut. di dapat berjalan.dan database semua di tampilkan. itu kenapa. saya ganti source……seperti ini. SELECT * FROM `profile` WHERE 1..tapi tidak menggunankan name like ‘%$name%’ jika saya menggunakan ini maka akan error seperti di atas…bro..mohon bantu dulu.

  • elsa says:

    Object not found!

    The requested URL was not found on this server. The link on the referring page seems to be wrong or outdated. Please inform the author of that page about the error.

    If you think this is a server error, please contact the webmaster.

    Error 404

    localhost
    Apache/2.4.2 (Win32) OpenSSL/1.0.1c PHP/5.4.4

    mas,cara nangani eror ini gmn?aq pake database sederhana punya q sendiri tp kok malah eror gitu setelah aq klik tombol search…trims

    • Black says:

      biasanya ga ditemukan filenya… di pisahin yah koding Search dengan Hasil Search…klo nggak nama filenya berbeda sedikit

  • efan says:

    Thanks ya gan, uda kasih ilmunya…..
    akhirnya sukses juga :)

  • Maria Elisabeth Dian Pratiwi says:

    klw coding searching versi PHP codeigniter gmn y?mohon tutorialnya step by step y mbak krn saya masih pemula.trims…..

  • Firda Devi Aulia says:

    siang , saya firda ..
    saya ingin bertanya , bagaimana cara menyisipkan tombol search ditengah-tengah table ..
    menggunakan dreamweaver ..

    trimakasih ..:)

  • rizal says:

    tengkyuu *bighug

  • yoyok says:

    gak bisa muncul hasilnya malah error

    Fatal error: Call to undefined function mysql_conect() in C:\xampp\htdocs\pencarian\connect.php on line 6

  • danny says:

    assalamualaikum
    masih bingung nih sebenernya sama fitur search pada tabel yang lebih dari dua.udah coba beberapa fungsi tp tetep gagal.
    apa masih menggunakan seperti :
    $q = “SELECT * from tb_student where name like ‘%$name%’ “;
    $result = mysql_query($q);

    kira2 kalo menggunakan 3 tabel, apa yang perlu di sesuaikan ya?pencerahan pliss =D
    newbie banget soal beginian hehe.kalo bisa sertain sama codingnya juga =D
    trimakasih wassalam

  • uloh says:

    trims gan sangat membantu sekali,, semoga mendapat pahala. he xxx amin

    mo konsul ada script php buat
    export tabel php ke excel
    dan
    impot tabel excel ke php

    makasih gan..
    sms jg blh gan 08562344535

  • maya says:

    salam kenal yaa, mau tanya nih :)
    kalo search.php nya biar tetep pada halaman itu gimana yaa, misal..aku buat formsearching.php pada halaman siswa.php, nah biar search.php (hasil pencarian) nya itu ada di halaman siswa.php dan munculnya cukup dikasih warna saja, cara gimana yaa..
    makasih sebelumnya :)

  • asekku says:

    Warning: mysql_fetch_array() expects parameter 1 to be resource, boolean given in C:\xampp\htdocs\MID\hasilcari.php on line 24

    MOHON PENCERAHANNYA,, !! BAGAIMNA MENGATASINYA

  • achoen says:

    saya nubie banget tentang php..yang saya mau tanyaka gimana caranya membuat database bila isi web kita hanya kumpulan dari informasi-informasi. misalnya kita ingin membuat website tentang berbagai macam mobil-mobil nah bagaimanakah cara membuat database sihingga nntinya dapat disearch terima kasih

  • Gan, gimana caranya kalau data yang kita cari bukan untuk ditampilkan di tabel, tapi langsung ditampilkan dalam bentuk form yang siap di print? Tolong pencerahanya gan..

  • han.gamer says:

    buat achun@ download dulu app databasenya, Seperti Mysql/phpmyadminnya. Lalu instal programnya. Nah distu anda bisa membuat Bnyak Kasus Database nya.

  • Putri says:

    klo mau actionnya di halaman yang sama gimana.. misal form pencarian ada di pencarian.php terus dieksekusinya di pencarian.php juga gmn? jadi nggak perlu nge-load di halaman lain..
    mohon sharenya :) thx before.

  • siswa says:

    di punya saya, ketika saya ketik kata ‘June’ ( j besar) bisa ketemu, ketika saya ketik ‘june’ ( j kecil) kok tidak menemukan hasil alias kosong…..solusinya please….

  • サボイ バッグ モンサンミッシェル 世界遺産 http://www.bagsoinspect.info/

  • maskoni says:

    makasih kang , , ,
    sangat membantu banget, semoga ilmu yang telah di berikat bisa menjadi amal . . . .

  • anik says:

    kalau search pakek item kode barang gmana??

1 Trackback or Pingback

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

دانلود آهنگ خرید vpn