Discussion Board : Menggunakan Include untuk membuat listing code PHP lebih efisien.
Kebutuhan : Webserver Package, already installed.

INCLUDE, pada umumnya digunakan untuk code php yang akan sering digunakan, maksudnya adalah code yang akan sering ditulis berulangkali dalam membangun aplikasi atau coding apapun dalam PHP.

Kenapa menggunakan Include ?
1. Akan sangat tidak efisien apabila kita harus menulis code yang sama tersebut berulang kali.
2. Apabila terjadi kasus ada bagian dari code tersebut yang harus diubah, maka, sekali lagi, akan sangat tidak efisien apabila anda harus mengubah bagian yang salah tersebut satu per satu.

Dan sekali lagi, hal ini akan sangat redundant dan menghabiskan waktu serta memicu potensi terjadinya human error. Dengan menggunakan include, masalah – masalah diatas dapat diatasi.

Apakah Include itu?
Include adalah file PHP yang diselipkan dalam file PHP yang lain, pada umumnya include mengandung informasi yang akan berulangkali digunakan dalam code yang lain. Sebagai contoh, apabila anda ingin membangun navigasi situs yang harus ditampilkan dalam setiap halaman situs anda, maka anda cukup menulis code navigasi tersebut dalam satu file untuk kemudian meng-include nya dalam setiap halaman situs tersebut.

Studi Kasus : Menggunakan Include untuk Header dan Footer.

1. Membuat header.
Misalkan kita ingin menampilkan tanggal hari ini sebagai header. Ketikkan script dibawah ini.

<?php
echo "This is a HEADER, And	 ";
echo "Today is ";
echo date("F d");
echo ", ";
echo date("Y");
?>

Code date diatas akan menampilkan tanggal hari ini. Simpan script diatas dengan nama header.php.

2. Membuat footer.
Misalnya kita akan menampilkan copyright sebagai footer untuk situs kita. Ketikkan script dibawah.

<?php
echo "Copyright by itx.web.id";
?>

Simpan script diatas dengan nama footer.php

3. Menempatkan header dan footer dalam halaman situs.
Ketikkan script berikut.

<?php
include "header.php";
echo "<h1> This is the BODY of site !</h1>";
include "footer.php";
?>

Misalkan kita ingin menempatkan header dibagian atas halaman situs, maka code untuk header.php harus diinclude dibagian atas code juga (diatas body). Begitu juga untuk footer, karena terletak dibagian bawah halaman, maka code footer.php juga ditempatkan dibagian bawah code.

4. Hasilnya?
Jalankan body.php, maka akan ditampilkan gambar seperti berikut.

p.s. OHYA, simpan semua file php diatas dalam satu folder. Ok, haapy cooding yah :D
Hal yang juga menarik:

Hak Cipta

Semua skrip dan teknik dalam artikel di itx.web.id boleh digunakan sebagaimana kehendakmu tanpa perlu mencantumkan sumber. Kamu tidak boleh mengkopi seluruh artikel, dalam Bahasa Indonesia ataupun diterjemahkan ke dalam bahasa lain.

Pencarian ke sini:


Related Articles:

Artikel terkait:

: PHP

About the author

obviously, a girl. with sweet smile, off course. turning her 21 years trapped on Informatics departement and just started to having some crush with it lately. she uses wordpress. she loves php. she lo

8 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x( X-( B-) ;-) :wink: :twisted: :roll: :oops: :mrgreen: :lol: :idea: :evil: :cry: :arrow: :D :?: :-| :-x :-o :-P :-D :-? :-)) :-) :-( :-& :) :( :!: 8-O 8-) 8) (Русский) (yahoo) (worship) (woot) (wave) (unsure) (tongue) (thinking) (tears) (taser) (smileydance) (sleeping) (sick) (scenic) (rofl) (rock) (party) (panic) (okok) (nottalking) (ninja) (music) (muscle) (muhaha) (money) (mmm) (lonely) (lol) (lmao) (idiot) (hungry) (highfive) (heart_beat) (heart) (headspin) (hassle) (haha) (gym) (griltongue) (goodluck) (girlkiss) (funkydance) (fish_hit) (eyeroll) (evilsmirk) (evil_grin) (drinking) (doh) (devil) (dance) (cry) (cozy) (coffee) (brokenheart) (bringit) (blush) (bigeyes) (beer) (banana_rock) (banana_ninja) (banana_cool) (applause) (annoyed) (angry) (K) (: