Benda inilah yang jadi tumpuan kita dalam melakukan coding. Tentunya sebuah editor yang baik akan memudahkan pekerjaan kita. Meskipun bisa saja melakukan coding pake notepad, tapi khan ribet banget tuh.

Kali ini itx akan membahas secara singkat 5 Editor PHP gratisan yang bisa digunakan di w1nd0ws.  Yang pasti semuanya memiliki fitur Syntax highlighting.

Notepad++

Yang ini sepertinya yang paling populer di kalangan coder. Proyek yang ditaruh di sourceforge.net itu telah didownload lebih dari 21 juta kali dan dua kali memenangkan Community Choice Award untuk Best Developer Tool.

Fiturnya banyak sekali dan pastinya sudah cukup untuk sebuah editor yang hebat. Sangat ringan untuk digunakan dan biasa digunakan untuk menggantikan notepad standar. Bisa ditambah fiturnya menggunakan plugin.

Bahasa yang didukung:

C C++ Java C# XML HTML
PHP CSS makefile ASCII art (.nfo) doxygen ini file
batch file Javascript ASP VB/VBS SQL Objective-C
RC resource file Pascal Perl Python Lua TeX
TCL Assembler Ruby Lisp Scheme Properties
Diff Smalltalk Postscript VHDL Ada Caml
AutoIt KiXtart Matlab Verilog Haskell InnoSetup
CMake YAML COBOL D R PowerShell
Gui4Cli

Ukuran download (v5.6.8): 3,3 MB

Komodo Edit

Meskipun namanya Komodo, namun program ini tidak dibuat oleh orang Indonesia, melainkan oleh ActiveState – sebuah perusahaan perangkat lunak berpangkalan di Vancouver, Canada. Merupakan versi gratisan dari Komodo IDE. Diperuntukkan bagi programer yang butuh editor multi bahasa dengan fungsi yang banyak tapi tidak termasuk fitur-fitur dalam IDE (Integrated Development Environment) seperti: debugging, DOM viewer,  interactive shell, dan source code control yang terintegrasi.

Yang sangat spesial dari program ini adalah fitur autocomplete dan calltips yang sangat memudahkan kita yang mungkin tidak ingat tentang variabel apa yang harus dimasukkan dalam fungsi tertentu.

Bahasa yg didukung: PHP, Python, Ruby, Perl and Tcl, JavaScript, CSS, HTML dan bahasa template seperti RHTML, Template-Toolkit, HTML-Smarty and Django.

Ukuran download (v5.2.4): 33,8 MB

ConTEXT Editor

Sangat ringan digunakan. Saat diinstal ada opsi untuk menggantikan notepad, jadi tak perlu repot ngaduk-aduk registry.  Memiliki compiler output parser yang akan menunjukkan posisi mana jika ada  sintaks yang salah. Juga memiliki command line handler yang jarang dimiliki program sejenis.

Bahasa yang didukung:

C#, C/C++, Delphi/Pascal, Java, Java Script, Visual Basic, Perl/CGI, HTML, CSS, SQL, FoxPro, 80×86 assembler, Python, PHP, Tcl/Tk, XML, Fortran, Foxpro, dan InnoSetup

Ukuran download (v0.98.6) : 1,6MB . versi portabel: 2,1MB

Eclipse PDT

Merupakan IDE (Integrated Development Environment) yang gratis.  Salah satu versi Eclipse untuk mendukung bahasa PHP. IDE ini tentunya lebih memudahkan kita daripada editor teks biasa karena bisa sekalian melakukan debugging dan lain-lain yang tidak bisa dilakukan teks editor biasa.

Proyek Eclipse diciptakan oleh IBM pada tahun 2001 dan didukung oleh sebuah konsorsium dari vendor-vendor perangkat lunak. Kemudian dibuatlah Eclipse Foundation pada tahun 2004 sebagai lembaga yang independen. Lembaga non profit itu dibuat untuk menjamin vendor yang terlibat tetap netral dan open.

Ukuran download (v2.1-SR1) dengan semua dependency: 141M

PSPad

Editor ini dibuat oleh seorang Ceko pada tahun 2002 dan saat ini sudah sampai pada versi 4.5.5. Di dalamnya terdapat  HEX Editor, Project support, FTP Client, Macro Recorder, dan lain lain. Juga terdapat spell checker.

Mendukung banyak bahasa, antara lain: C++, Cobol, MS-Dos batch, CSS, Forth, Fortran, FoxPro, HTML, XHTML, INI, Inno Setup, Java, JavaScript, KixStart, Object Pascal, Perl, PHP, Python, RSS, SQL, TCL/TK, Unix ShellScript, VBScript, Visual Basic, X86 assembler dan 120+ bahasa lain.

Ukuran download (v4.5.5) : 4,2MB

Yang perlu diingat adalah tak ada yang sempurna. Sesuatu yang dianggap paling baik oleh orang tertentu, belum tentu yang terbaik bagi orang lain. Jadi pilihlah tool yang paling sesuai untukmu…. Happy Coding!
Hal yang juga menarik:

Hak Cipta

Semua skrip dan teknik dalam artikel di itx.web.id boleh digunakan sebagaimana kehendakmu tanpa perlu mencantumkan sumber. Kamu tidak boleh mengkopi seluruh artikel, dalam Bahasa Indonesia ataupun diterjemahkan ke dalam bahasa lain.

Pencarian ke sini:


Related Articles:

Artikel terkait:

: PHP

About the author

Simple coder

20 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x( X-( B-) ;-) :wink: :twisted: :roll: :oops: :mrgreen: :lol: :idea: :evil: :cry: :arrow: :D :?: :-| :-x :-o :-P :-D :-? :-)) :-) :-( :-& :) :( :!: 8-O 8-) 8) (Русский) (yahoo) (worship) (woot) (wave) (unsure) (tongue) (thinking) (tears) (taser) (smileydance) (sleeping) (sick) (scenic) (rofl) (rock) (party) (panic) (okok) (nottalking) (ninja) (music) (muscle) (muhaha) (money) (mmm) (lonely) (lol) (lmao) (idiot) (hungry) (highfive) (heart_beat) (heart) (headspin) (hassle) (haha) (gym) (griltongue) (goodluck) (girlkiss) (funkydance) (fish_hit) (eyeroll) (evilsmirk) (evil_grin) (drinking) (doh) (devil) (dance) (cry) (cozy) (coffee) (brokenheart) (bringit) (blush) (bigeyes) (beer) (banana_rock) (banana_ninja) (banana_cool) (applause) (annoyed) (angry) (K) (: