lhoh.. judulnya koq bikin mumet?
iya.. aku sendiri juga mumet, soalnya memang tabung gas-nya gak meledak koq.

Jika ada yang bertanya apa yang menyebabkan tabung gas meledak jawabnya apa?
Saya gak bisa jawab, soalnya tak pernah ada kasus tabung gas meledak. (lol)

Jadi, apa dong yang meledak?
Yang meledak ruangannya. Ruangan itu terisi oleh Gas yang bocor, lalu gas bocor tersebut tersulut oleh api, sehingga meledaklah ruangan itu. Dan setelah kejadian tu ternyata tabung gas-nya masih utuh, paling banter cuma gosong2 karna terbakar. Jadi, di semua kasus yang katanya tabung gas meledak itu ternyata tabung elpiji-nya tak ada satupun yang meledak.

Gimana caranya mengatasi gas bocor itu?
Yang paling sering terjadi adalah klep/karet/o-ring/rubber pada tabung yang tidak rapat. Tandanya adalah saat regulator dipasang, terjadi kebocoran di antara regulator dan tabung dan tercium bau gas. Saya sendiri dikasih banyak sekali klep ini oleh penjual gas tetangga saya, biar kalo klep bocor bisa ganti sendiri.  Kalo sebabnya slang atau regulator yg bocor, ya tinggal beli aja yang baru.

Yang patut dipersalahkan tentang masalah ini siapa?
Wah, sukanya koq menyalahkan orang lhoooo… Tap kalo bener mau menyalahkan ya yang salah media massa,

Loh. koq yang salah malah media massa?
Hahahaha…. saya kan cuma mbahas dari segi bahasanya bos.  Jadi tentang bahasa yang salah kaprah ini, jelas sekali yang salah adalah media massa. Karena media massa menyebarkan berita tidak benar tentang tabung gas yang meledak, padahal tak ada satupun tabung gas yang meledak. Ingat, tak ada tabung gas yang meledak. Yang paling benar adalah Ledakan karena Gas. Tapi jika terpaksa, boleh lah memakai istilah “gas meledak”, meskipun sebenarnya gas itu bukan yang meledak, tapi yang menyebabkan rumah/ruangan meledak.  ….
Hal yang juga menarik:

Hak Cipta

Semua skrip dan teknik dalam artikel di itx.web.id boleh digunakan sebagaimana kehendakmu tanpa perlu mencantumkan sumber. Kamu tidak boleh mengkopi seluruh artikel, dalam Bahasa Indonesia ataupun diterjemahkan ke dalam bahasa lain.

Pencarian ke sini:


Related Articles:

Artikel terkait:

About the author

Simple coder

20 Comments

  • bunga mengatakan:

    Akhirnya bang itx nulis tentang ini juga. (evil_grin)

    Tagline-nya diganti | bahasa mesin | bahasa manusia | bahasa cinta | kayanya menarik tuh, Bang. (haha)

  • yulianti mengatakan:

    hooo… jadi begitu toh `proses` sebenernya… (lol)

  • Efriandika Pratama mengatakan:

    wahhhh wahhhh bgitu tho ternyata

  • Agungk mengatakan:

    Saya sama bingungnya dengan pemakaian istilah tabung
    meledak ledakan tabung gas oleh media massa. Itu juga
    karena sama dengan bung itx, saya tidak pernah melihat
    dalam satupun tayangan media, adanya tabung yang terbelah atau bolong. Bahkan dalam ledakan di surabaya belakangan membuktikan bahwa walaupun tabung bocor besar-besaran (katup di mulut tabung rontok), tabung hanya akan menyemburkan api besar, tidak meledak.
    Saya malah lebih cenderung menyalahkan masyarakat yang sering merasa sok tahu dan tak berniat belajar apapun. Mereka malah mengkerut dan ketakutan terhadap tabung gas daripada mencari tahu bagamana menggunakan gas secara aman. Mosok gas bocor tak bisa di deteksi? Hidungya ke mana? Apa karena polusi bau telah menutupi bau gasnya? :roll:

    • itx mengatakan:

      begitulah.. bnyak orang yg belum paham….
      ya orang2 yg tau seperti kita ini yg berkewajiban memberi tahu kebenaran dan cara aman pemakaiannya..

  • arie4ur mengatakan:

    mang seharusnya jgn selalu tbg gas yg di jadikan kambing hitam tapi memang kurang nya pengetahuan darii si pengguna..
    hihihi..saya kerja di tabung soalnya mas.! semua tabung melalui proses dari uji ledak,uji ketahanan,kebocoran sampai ukuran pun wajib pas.wong baret dikit ja di complain ma pertamina. cape dech
    (rock) (rock) (rock)

  • nawra mengatakan:

    pakai pengaman aja dari
    KOPANA regulator sefety lock jdi meskipun ada kebocoran di sengaja atau tidak maka pengaman akan bekerja secara otomatis jd gas g mbakalan keluar berantakan.hehehehe tq

  • Ahyan mengatakan:

    Sepakat dengan opini anda!
    Seandainya tabung yang meledak, berarti yang ditemukan barang bukti berupa serpihan tabung, bukan tabung yang utuh,,!!

    Gua gak mumet (headspin) kok..! heheheh
    Mantap infonya sob!

    (dance) (dance) (dance)

  • TPH mengatakan:

    oh ternyata gitu ya kejadiannya….
    thanks sharingnya bang itx ! Mantabbbb (applause)

  • Lipukuay mengatakan:

    oh…
    iya juga ya …
    pembahasaan itu juga perlu….

  • hendra atmaja mengatakan:

    hahaha…bener juga yo…judule marai mumet… (banana_rock)

  • argha mengatakan:

    aq ra donk
    neng kok iso ngono ?
    :mrgreen: (rock)

  • datuk mengatakan:

    Sekedar menambahkan..(pengalaman pribadi)

    ada kalanya yang macet itu klep tabung gas….saat regulator di lepas…klepnya ngak nutup jadi gas keluar terus…jangan panik…(pastikan tidak ada api yang lagi nyala), buka regulator, sementara mulut tabung gas tutup dengan jari tangan..trus tabung di celupkan ke bak mandi sampai gasnya benar2 habis…….
    tinggal kuras dech kamar mandi karena gasnya bercampur dengan air…

  • wahyu mengatakan:

    Berarti misal bocornya diruangan yang terbuka, ga meledak donk!

  • onimoed mengatakan:

    untuk mencegah meledaknya tabung gas kita harus memasang pengaman yang SIN … (bigeyes)

  • rina mengatakan:

    Terima kasih sudah berbagi tips

  • ali imron mengatakan:

    seal pada tabung memang yang paling sering

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x( X-( B-) ;-) :wink: :twisted: :roll: :oops: :mrgreen: :lol: :idea: :evil: :cry: :arrow: :D :?: :-| :-x :-o :-P :-D :-? :-)) :-) :-( :-& :) :( :!: 8-O 8-) 8) (Русский) (yahoo) (worship) (woot) (wave) (unsure) (tongue) (thinking) (tears) (taser) (smileydance) (sleeping) (sick) (scenic) (rofl) (rock) (party) (panic) (okok) (nottalking) (ninja) (music) (muscle) (muhaha) (money) (mmm) (lonely) (lol) (lmao) (idiot) (hungry) (highfive) (heart_beat) (heart) (headspin) (hassle) (haha) (gym) (griltongue) (goodluck) (girlkiss) (funkydance) (fish_hit) (eyeroll) (evilsmirk) (evil_grin) (drinking) (doh) (devil) (dance) (cry) (cozy) (coffee) (brokenheart) (bringit) (blush) (bigeyes) (beer) (banana_rock) (banana_ninja) (banana_cool) (applause) (annoyed) (angry) (K) (: