Kategori
Indonesia

Dirgahayu Republik Indonesia (tidak pakai ke-65)

Dirgahayu jangan ditambahi ke-65!

Dirgahayu berasal dari bahasa sansekerta yang mengandung arti panjang umur. Jadi, kalimat “Dirgahayu RI ke-65” mempunyai arti “Panjang umur RI ke-65”. Lhoh? kok malah jadi menyelamati “RI ke-65”?! Emangnya RI ada banyak sekali sampai ada RI ke-65? Artinya jadi amburadul khan?! Yang semula sok-sokan pengen pake kalimat yang keren eeee malah salah!

Kita coba melakukan googling dengan keyword “Dirgahayu Kemerdekaan Republik Indonesia” hampir semua yang muncul adalah SALAH.

Hampir semuanya pakai ke-65.

Tulisan/pengucapan yang salah ini sudah sangat melekat di masyarakat, hingga orang-orang biasa, orang-orang penting, presenter, hingga Iklan di TV-pun kebanyakan salah dalam menggunakan kata dirgahayu.

Padahal hal ini sudah jutaan kali dibahas, tetap saja orang-orang itu menulis dengan cara yang salah. Tak heran jika orang Indonesia dicap sebagai orang yang bodoh, makai bahasanya sendiri saja tidak bisa … capek bener

Ada lagi kalimat yang ambigu. Tapi menurut saya ambigu itu lebih baik daripada yang salah (lol) . Yaitu penggunaan kalimat “Selamat HUT RI ke-65”. Kalimat ini bisa-bisa mengandung arti menyelamati RI ke-65, padahal RI hanya ada satu. Yang paling benar adalah “Selamat Merayakan HUT ke-65 RI.”

Jadi, bagi pembaca sekalian, mohon teman-temannnya diperingatkan kalau memakai kata dirgahayu dengan salah. Yang benar cukup bilang Dirgahayu RI, sedangkan ke-65 mohon tidak usah dipakai saja atau buat kalimat baru yang benar.!

Oleh itx

Simple coder

7 replies on “Dirgahayu Republik Indonesia (tidak pakai ke-65)”

Dirgahayu Kemerdekaan RI ke 62.

Sepintas kalimat ini benar. Coba kita cermati. Benarkah istilah KEMERDEKAAN RI? Kapankah RI merdeka? REPUBLIK INDONESIA TIDAK PERNAH DIJAJAH BELANDA ATAU JEPANG. Yang dijajah adalah Rakyat dan Bangsa Indonesia, BUKAN Republik. Jadi, kalau mau diluruskan, katakan KEMERDEKAAN INDONESIA, KEMERDEKAAN BANGSA INDONESIA, ATAU KEMERDEKAAN RAKYAT INDONESIA. Dasar hukumnya adalah NASKAH PROKLAMASI dan PEMBUKAAN UUD 1945 ALINEA 3 DAN 4:

“Proklamasi: “Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan KEMERDEKAAN INDONESIA……dst”.

PEMBUKAAN UUD 1945 Alinea 3: “Atas berkat rahmat Allah ….. maka RAKYAT INDONESIA menyatakan dengan ini kemerdekaannya”.

PEMBUKAAN UUD 1945 Alinea 4: “Kemudian dari pada itu …….. maka disusunlah KEMERDEKAAN KEBANGSAAN INDONESIA……dst”.

Mari kita luruskan istilah yang kurang tepat ini. Bukan saja dari segi penggunaan Bahasa Indonesia, melainkan juga dari segi hakikat maknanya. kata Republik lahir setelah Indonesia Merdeka, sebagai bentuk negara yang dipilih oleh founding fathers bangsa Indonesia setelah terlepas dari penjajahan.

Kemerdekaan Indonesia juga perlu dipertahankan dan disyukuri. Maka penggunaan kata Kemerdekaan Indonesia bermakna agar kemerdekaan negara dan bangsa kita berumur panjang, selamanya.

Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Dirgahayu Republik Indonesia
Dirgahayu Kemerdekaan Indonesia
Dirgahayu Rakyat Indonesia
Dirgahayu Bangsa Indonesia
Dirgahayu Negara Indonesia
Selamat HUT ke 66 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

———–gatot budi utomo, kepala puslitbang TVRI.

Mungkin lebih tepatnya tambahin “yang” kali yah? Jadi: Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-65. Imho, klo cuma Dirgahayu RI aja, gak tahu donk itu dirgahayu yang keberapanya. CMIIW 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.