Saya mulai dengan menceritakan keadaan diri saya sendiri. semoga tidak termasuk Ujub, Sum’ah dan Riya’, hanya sebagai pelajaran saja.
saya termasuk orang yang sangat sulit membaca Al-quran, bacaan saya nggrathul-nggrathul, dan butuh usaha sangat-sangat keras untuk membaca. Karena kesulitan saya ini maka saya sangat jarang sekali, atau boleh dikata hampir tidak pernah membaca Alquran dalam keseharian.

Ternyata saya menemukan jawabannya kenapa saya sulit membaca alquran, terdapat dua alasan:

1. saya kesulitan untuk mengeja

Tidak seperti disleksia yg samasekali tak mampu membaca. saya membaca tulisan itu sebagai satu rangkaian huruf yang merepresentasikan suatu kata, bukan kumpulan suku kata yang menjadi huruf. misalnya: Ini Ibu Budi, ya sejak kecil dulu saya bacanya ya langsung Ini Ibu Budi, tidak bisa i en i ni ini, i be u bu ibu, be u bu de i di budi…. btw saya baru paham sistematika cara mengeja seperti ini setelah lulus SMA, hehehehehehe….
Berbeda sekali dengan cara mengeja bahasa Inggris yang tidak per suku kata tapi dihapalkan semua huruf per kata (Bahasa Inggris memang tidak mengenal suku kata). misalnya : contemporary dieja c-o-n-t-e-m-p-o-r-a-r-y. Karena bahasa Inggris memang tidak konsisten antara tulisan dan pengucapan. coba tengok huruf oo pada spoon dan door pengucapannya beda kan?! Bahkan di sana kalau anak setingkat SD biasanya ada lomba spelling, di Indonesia mana ada soalnya bahasa Indonesia cukup konsisten antara huruf dengan cara tuturnya, sehingga kalau nulis ya straight forward aja seperti yang terucap.

saya bisa membaca dengan baik dan cepat karena telah menguasai bahasanya dan mengetahui (hapal) ejaan untuk kata tersebut jadi ya langsung bisa terucap. Dan saya hanya bisa melakukannya dalam 3 bahasa: Indonesia, Inggris dan Jawa (huruf latin).

Sekarang mari kita baca penggalan cerita berikut dengan cepat:

Ahrinya, buaya melpeas gigtiannya dari kaki pak kerbau. Dan mreekapun mleakukan reka adegan. Si buaya kebmali ke tepmat asal dia tetrimpa batnag phoon. Dan pak kerbau kembali mnedorong pohon menmipa pak buaya degnan ke dua tadnuknya. Setleah di rasa si buaya tak sagngup lagi begrerak dan benar-benar terjbeak, si kancil menagjak pak kerbau segera lari menigngalkan tempat itu.

Apakah anda bisa membacanya? tulisan di atas banyak yang hurufnya tertukar tapi kita tetap bisa membacanya, ini membuktikan bahwa kita sebetulnya tidak perlu mengeja per suku kata tapi hanya membaca kumpulan huruf.

Bagaimana dengan bahasa arab? jelas saya tidak paham bahasa arab. oleh karena itu saya sangat kesulitan untuk membacanya karena saya harus mengucapkan huruf per huruf. bagi yang bisa mengeja gampang saja karena tulisan arab memang sangat konsisten antara tulisan dan pengucapan. ro dibaca ro, sho dibaca sho, dst.

2. saya bukan penghapal yang hebat

Jaman Rasulullah SAW, tidak ada Alquran yang tertulis rapi seperti sekarang ini. Semua orang menghapalkan Al-quran, oleh karena itu bisa saja tilawah dengan sangat cepat. Membaca satu Alquran bisa diselesaikan dalam 3 Hari.
Melihat kondisi saya yang jelas tidak sekuat itu hapalannya, bisa tilawah dengan cepat menggunakan metode menghapal seluruh Alquran ini jelas mustahil.

Ada Apa dengan ODOJ?
One Day One Juz dalam bayangan saya sangat mustahil untuk dilaksanakan. untuk membaca 1 halaman saja saya membutuhkan waktu paling tidak 5 menit, jikalau 20 halaman maka membutuhkan waktu 100 menit atau hampir dua jam per hari – berbeda dari kebanyakan yang katanya bisa 30 menit untuk satu juz. Karena dalam membaca saya membutuhkan usaha sangat-sangat keras, tentu hal ini malah membuat frustasi.
Jadi akhirnya selama bertahun-tahun boleh dibilang saya tidak pernah membaca Alquran karena memang it frustrates me, baca satu ruku’ aja susah apalagi satu juz….

Mengakali orang dengan kondisi sama seperti saya (tidak tahu bahasa arab, kesulitan mengeja & hapalan tidak kuat) agar bisa menikmati membaca Al-quran.

Tampilan Quran For Android saat memainkan audio murottal.

Tampilan Quran For Android saat memainkan audio murottal.

Berawal dari Ustadz Yusuf Mansur yang menganjurkan untuk One Day One Ayat… yap satu hari satu ayat untuk dihapalkan, lalu saya coba deh, sepertinya tidak begitu susah. Saya mulai dari download berbagai aplikasi Alquran android, ketemulah satu aplikasi yang paling pas yaitu Quran for Android karena kita bisa mendownload audio murottal dari banyak qori yang masyhur dan di sini terdapat fitur yang tidak saya temukan di program lain yaitu mengulang-ulang audio per ayat atau kumpulan ayat. Jadi menurut saya program ini sangat membantu untuk bisa menghapalkan satu ayat per hari. jika teman-teman tahu program lain yang juga bagus silahkan dishare juga.

Alhamdulillah setelah hampir hapal satu surat yang agak pendek, sekarang saya bisa membaca dengan cepat mengikuti kecepatan tilawah Imam Sudais untuk surat tersebut. As i said before hapalan saya tidak kuat, sehingga saya masih harus membaca juga. btw jikalau Dasadarma pramuka itu tidak memiliki jembatan keledai tacipaparerahedisbesu, saya tak bisa mengurutkannya dengan benar meskipun hapal kalimat-kalimat dalam semua darma…. hehehe

Manfaat yang saya rasakan dengan berusaha menghapal satu hari satu ayat adalah:
– saya bisa membaca Alquran dengan cepat dan lancar.
– saya jadi lebih PD untuk membaca Alquran di mana saja.
– saya jadi lebih nyaman, senang dan sering membaca Alquran.

Kekurangan dari metode ini adalah yang dibaca hanya surat/ayat itu-itu saja.

Perlu diperhatikan bahwasanya membaca berulang-ulang surat/ayat yang sama ini hanya dianjurkan bagi yang kesulitan membaca Alquran dengan lancar. Semoga tips dari saya yang bodoh ini bisa membantu kita semua untuk lebih mendekatkan diri dengan Alquran. One Day One Ayat. Belajar sedikit lebih baik daripada tidak belajar samasekali.

thx,
itx
Hal yang juga menarik:

Hak Cipta

Semua skrip dan teknik dalam artikel di itx.web.id boleh digunakan sebagaimana kehendakmu tanpa perlu mencantumkan sumber. Kamu tidak boleh mengkopi seluruh artikel, dalam Bahasa Indonesia ataupun diterjemahkan ke dalam bahasa lain.

Pencarian ke sini:

Artikel terkait:

About the author

Simple coder

18 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x( X-( B-) ;-) :wink: :twisted: :roll: :oops: :mrgreen: :lol: :idea: :evil: :cry: :arrow: :D :?: :-| :-x :-o :-P :-D :-? :-)) :-) :-( :-& :) :( :!: 8-O 8-) 8) (Русский) (yahoo) (worship) (woot) (wave) (unsure) (tongue) (thinking) (tears) (taser) (smileydance) (sleeping) (sick) (scenic) (rofl) (rock) (party) (panic) (okok) (nottalking) (ninja) (music) (muscle) (muhaha) (money) (mmm) (lonely) (lol) (lmao) (idiot) (hungry) (highfive) (heart_beat) (heart) (headspin) (hassle) (haha) (gym) (griltongue) (goodluck) (girlkiss) (funkydance) (fish_hit) (eyeroll) (evilsmirk) (evil_grin) (drinking) (doh) (devil) (dance) (cry) (cozy) (coffee) (brokenheart) (bringit) (blush) (bigeyes) (beer) (banana_rock) (banana_ninja) (banana_cool) (applause) (annoyed) (angry) (K) (: